Puskesmas Buntul Kemumu Dorong Masyarakat Bangun Jamban Sehat

Jumat, 11 Agustus 2023

 


Bener Meriah | Bandar Meriah News - Puskesmas Buntul Kemumu, Kecamatan Permata, Kabupaten Bener Meriah, tak pernah bosan menyarankan warga di daerah itu, agar membuat jamban sehat. Hal itu, untuk mengantisifasi dampak buruk terhadap kesehatan karena kurang baiknya sanitasi warga. 

Kepala Puskesmas Buntul Kemumu, Nurala, AMD.Keb, ketika ditemui di ruang kerjanya, Jumat (11/08/2023) mengatakan, salah satu lima pilar dari program Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) adalah stop buang air besar sembarangan.

Sebagai implementasinya, sebut Nurlala, pihaknya telah melakukan pemantauan dan menemukan bahwa ada 14 rumah di Desa Kepies, Kecamatan Permata yang belum memiliki jamban sehat. “Ada warga yang jambannya di luar rumah tanpa septic tank. Ada juga yang di dalam dilengkapi septic tank tapi masalahnya pembuangan tinja mereka disalurkan ke selokan,” jelas Nurala.  

Menurut Kepala Puskesmas Permata ini, pola yang dilakukan oleh sejumlah masyarakat di Desa Kepies, dinilai masih belum sehat sehingga perlu diberikan sosialisasi tentang sanitasi yang baik atau memiliki jamban yang sehat.   

“Dengan membuang tinja ke saluran parit atau selokan  walaupun mungkin tidak dikonsumsi oleh orang sekitar, tentu dapat menyebabkan pencemaran lingkungan dan teracuninya biota atau mahluk hidup yang berekosistem di daerah tersebut,” tutur Nurala. 

Untuk itu, lanjutnya, dengan program Kesehatan Lingkungan (Kesling) sehingga diberikan pemahaman kepada masyarakat serta mengubah mindset (pandangan) warga terkait dengan perlunya sanitasi yang sehat karena kondisi jamban yang mereka gunakan sebelumnya masih kurang baik. 

Dari hasil pemicuan tersebut, sebanyak 14 rumah berkomitmen dan mendeklarasikan untuk tidak lagi buang air besar sembarangan. Mereka juga berniat untuk membuat jamban sehat di rumahnya. “Untuk merealisasikan jamban sehat itu, kami rapat dan diskusi,” sebut Nurala.

Bahkan dari hasi diskusi tersebut, sudah ada 8 jamban sehat yang telah rampung di bangun di Desa Kepies dan 6 lagi akan ada musyawarah agar seluruh warga memiliki jamban sehat. “Alhamdullilah, upaya yang dilakukan untuk membenahi sanitasi warga, khususnya terkait jamban sehat membuahkan hasil baik,” pungkasnya. (Diskominfo/Hamdani/ken)