Warga Atu Singkih Gelar Aksi Ke Kantor Camat Rusip Antara Sampaikan Mosi Tidak Percaya Terhadap Kenirja Reje M Adam

Senin, 22 Mei 2023

 


Takengon | Bandar Meriah News - Puluhan warga Atu Singkih Kecamatan Rusip Antara menggelar akasi ke kantor Camat setempat, mereka menyampaikan mosi tidak percaya terhadap Reje Kampung M Adam, Senin (22/05/2023). 

Padli mewakili RGM Kampung yang juga mendapat mandat dari ketua RGM menyatakan bahwa dirinya diutus oleh ketua RGM untuk menyampaikan  beberapa poin yang menjadi tuntutan masyarakat Atu Singkih. 

Dikatakannya, sejak dari awal mereka menduga adanya ketidak transparanan reje Kampung dalam mengelola ADD, begitupun dengan pelaksaan kegiatannya, ada beberapa kegiatan dana bersumber dari APBN dan APBN di selewengkan nya seperti Siltap ( tulah aparat Kampung), guru TK dan Kader Posyandu, dll. 

Selain itu, dalam pelaksanaan kegiatan seperti bak Tampung Air Bersih dan Jalan Rambat Beton di anggarkan tahun 2022 tidak sesuai dengan spek, begitupun anggaran tahun sebelumnya, dana bagi hasil retribusi pajak tidak pernah disampaikan ke masyarakat, dana pemasangan tapal Batas, pemasangan prasasti hingga hari ini belum terpasang, dan yang anehnya reje Kampung belakangan ini tidak pernah tinggal ditempat, begitupun dengan kondisi kantor selalu tutup, sehingga pelayanan tidak pernah ada kemasyarakat. 

Untuk itu, kiranya pak Camat melakukan evaluasi terhadap Kinerja Reje M Adam, kata Fadli di aminkan oleh semua yang hadir di kantor Camat tersebut. 

Menyikapi persoalan Atu Singkih, Camat Rusip Antara Iskandar menyatakan pihaknya telah beberapa kali rapat dengan aparatur Kampung berserta RGMnya, dimana dalam rapat tersebut Reje Kampung M Adam telah berjanji untuk menyelesaikannya, Namun kehadiran ibu- ibu dan Bapak- Bapak, Tokoh Masyarakat Atu Singkih sangat kami sayangkan dan ini membutuhkan perhatian dari kami, selain itu kami menilai diantara Aparat Kampung tidak ada kekompakan sehingga hal ini perlu dilakukan pembinaan, dimana baru saja ada kami terima surat dari RGM tentang hal tersebut, kata Iskandar. 

Terkait apa yang disampaikan oleh masyarakat Kampung Atu Singkih, pihak kami hanya dapat menampung aspirasi, untuk selanjutnya kami akan menyurati PJ. Bupati Aceh Tengah, untuk menurunkan Tim Khusus guna melakukan investigasi atau audit dari Ispektorat , sehingga pengadian ini akan memiliki kesimpulan apakah yang dilakukan M Adam selaku reje Kampung Atu Singkih, benar atau salah, 

" Jika dalam penyelidikan yang dilakukan oleh Tim Khusus dari Inspektorat tentang keuangan dan kebijakan lainnya, adalah benar adanya seperti apa yang dituntut oleh masyarakat, maka kami selalu camat akan mengembalikannya kepada masyarakat, artinya bukan kami yang menyatakan reje M Adam harus diganti" ucap Iskandar. 

Dari penjelasan Camat tesebut, salah satu Tokoh Masyarakat menyatakan agar dalam penyelidikan hendaknya Reje dinonaktipkan  agar proses penyelidikan berjalan lancar. 

"Sebaiknya Reje m Adam, dinonaktipkan selam a proses penyelidikan, untuk sementara Camat menujuk Bedel sebagai penjabat sementara Kampung Atu Singkih" terangnya. (Hamdan sn dan tim)