Apresiasi Atas Inovasi Pelayanan Publik, Bobby Nasution Serahkan Penghargaan kepada Perangkat Daerah

Kamis, 16 Maret 2023


Medan | Bandar Meriah News - .
Sebagai bentuk apresiasi atas inovasi pelayanan publik yang dilakukan Perangkat Daerah di lingkungan Pemko Medan, Wali Kota Medan Bobby Nasution menyerahkan trophy dan piagam penghargaan kepada Juara-juara terbaik pada Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KIPP) tingkat Kota Medan dalam momentum Musrenbang RKPD tahun 2024 di Hotel Four Points Jalan Gatot Subroto, Kamis (16/03/2023).

Trophy dan piagam penghargaan ini diberikan Bobby Nasution kepada Sekretariat DPRD Medan atas program inovasi SMART- WAN (Sistem Informasi Manajemen Perkantoran Terpadu plus Media Dewan) sebagai juara terbaik Pertama yang diterima Sekwan DPRD Ali Sipahutar. Selanjutnya trophy dan piagam penghargaan Juara terbaik Kedua diserahkan Sekda Provinsi Sumut Arief Sudarto Trinugrogo yang hadir dalam Musrenbang RKPD kepada Kadisdukcapil Baginda P Siregar atas program inovasinya Pelayanan Daring SIBISA.

Sedangkan Juara terbaik Ketiga diraih oleh Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kota Medan atas program inovasi SARANA (Sistem Administrasi Persuratan Arsip dan Agenda). Trophy dan piagam penghargaan diserahkan Wakil Wali Kota Medan Aulia Rachman kepada Kadis Kominfo Arrahmaan Pane.

Atas capaian ini Wali Kota Medan Bobby Nasution mengucapkan selamat kepada Perangkat Daerah yang telah meraih juara dalam KIPP tingkat Kota Medan dan meminta kepada setiap Perangkat Daerah agar dapat terus memanfaatkan digitalisasi secara massif terutama dalam merealisasikan program prioritas.

"Seluruh perangkat daerah harus dapat memanfaatkan digitalisasi guna merealisasikan seluruh program pembangunan, termasuk lima program prioritas," Kata Bobby Nasution.

Menurut Bobby Nasution pemanfaatan digitalisasi sangat penting, hal ini terbukti ketika dirinya melepas ekspor hasil produksi UMKM ke pasar Internasional dimana diakui para pelaku UMKM market pasar internasional diperoleh melalui Internet.

"Lebih dari 50 persen market yang didapat pelaku UMKM melalui internet. Jadi, saya minta semua program, terutama pelayanan harus diadaptifkan ke digitalisasi,” Sebut Bobby Nasution.

Sementara itu Kadis Kominfo Arrahmaan Pane mewakili para peraih juara terbaik pada KIPP, mengungkapkan peningkatan pelayanan publik merupakan komitmen Wali Kota Medan Bobby Nasution. Guna mewujudkannya tentunya diperlukan inovasi dengan memanfaatkan digitalisasi seperti yang dilakukan oleh masing - masing Perangkat Daerah di lingkungan Pemko Medan.

"Guna meningkatkan pelayanan publik Dinas Kominfo menghadirkan inovasi 

Sistem Administrasi Persuratan Arsip dan Agenda (SARANA). Dimana program ini dapat meningkatkan efisiensi dan efektivitas aktivitas surat-menyurat di lingkungan Pemko Medan," Kata Kadis Kominfo.

Menurut Kadis Kominfo, SARANA merupakan aplikasi Layanan yang memberikan kemudahan bagi Aparatur Sipil Negara di lingkungan Pemerintah Kota Medan dalam melakukan pengelolaan persuratan. Artinya Sarana adalah sistem untuk mengolah administrasi persuratan, arsip dan agenda secara digital.

"Dengan SARANA monitoring disposisi surat dapat dilakukan secara real time, sistem penyimpanan dan pencarian yang praktis, Jaminan Sistem keamanan data karena telah mendapatkan sertifikasi dari BSrE, Disposisi Surat atau tanda tangan Surat (Tanda Tangan Elektronik) dapat dilakukan Dimana Saja serta dapat menghemat Anggaran," Sebut Arrahmaan Pane.(safrizal)