Ketua DPRD Sumut Baskami Ginting Dukung 10 Program PWI Lima Tahun Ke Depan

Rabu, 24 November 2021

 


Medan | Bandar Meriah News -
 Ketua DPRD Sumatera Utara (Sumut) Drs Baskami Ginting mendukung sepenuhnya 10 program PWI (Persatuan Wartawan Indonesia) Sumut lima tahun ke depan, dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia (wartawan) yang lebih profesional dan berkemampuan dibidang jurnalistik, tentunya dengan anggaran yang maksimal.

Dukungan tersebut disampaikan Ketua DPRD Sumut Baskami Ginting saat menerima audiensi pengurus PWI Sumut periode 2021-2026 dipimpin Ketua PWI Sumut terpilih H Farianda Putra Sinik dan panitia pelaksana pelantikan pengurus PWI Sumut, Rabu (24/11/2021) di Ruang Kerjanya Gedung DPRD Sumut, Jalan Imam Bonjol Medan.

Baskami Ginting mengakui, program PWI Sumut lima tahun ke depan harus didukung dengan anggaran yang maksimal. Untuk itu, pengurus PWI Sumut harus lebih aktif mengkomunikasikan masalah bantuan anggaran tersebut, baik kepada eksekutif maupun legislative.

“Masalah dukungan anggaran. kami tidak akan mengurangi tapi akan menambahi. Untuk itu, diminta kawan-kawan wartawan di PWI Sumut menyampaikannya, agar dapat dialokasikan di pos anggaran yang mana,” ujar Baskami.

Saat menerima audiensi pengurus PWI Sumut, Baskami Ginting mengaku merasa tersanjung atas kunjungan kawan-kawan wartawan PWI Sumut, karena sejak dirinya menjadi Ketua DPRD Sumut, baru dikunjungi organisasi wartawan. “Saya tidak ada apa-apanya tanpa wartawan, karena semua kegiatan yang kami lakukan tidak akan diketahui masyarakat, jika tidak dibantu wartawan mempublikasikannya,” ujar politisi PDI Perjuangan yang mengakui sempat repot dengan banyaknya wartawan saat ini yang tidak dikenal.

Dalam audiensi itu, Baskami Ginting anggota dewan dari Dapil Sumut II (Kota Medan) itu memastikan akan menghadiri acara pelantikan pengurus PWI Sumut periode 2021-2026. “Saya akan berusaha hadir pada acara pelantikan nanti, karena wartawan di bawah PWI adalah sahabat saya dan juga DPRD Sumut,” katanya.

Sementara Ketua PWI Sumut periode 2021-2026 Farianda Putra Sinik menyatakan dirinya dipercaya menjadi ketua memimpin PWI Sumut 5 tahun kedepan dengan 10 program, 1-8 program meningkatkan sumber daya manusia/wartawan dibidang pendidikan. Kemudian perlindungan bagi wartawan dan kesejahteraan wartawan.

Untuk melaksanakan 10 program tersebut, lanjut Farianda Putra Sinik yang didampingi Wakil Ketua yang juga Ketua Panitia Rifki Warisan, Austin Antariksa Tumengkol, Sugiatmo, Riza Mulyadi, Hartati Rangkuti, Amrizal SH, Laswiyati Wakid, setiap organisasi termasuk PWI membutuhkan dukungan anggaran dari Pemprovsu dan juga DPRD Sumut yang memiliki fungsi budgeting.

“Program kami tidak akan berjalan, jika tidak ada anggaran. Untuk meningkatkan kemampuan wartawan, butuh pendidikan dan pedidikan itu butuh anggaran yang tidak sedikit. Mudah-mudahan apa yang kami programkan, diantaranya meningkatkan pendidikan wartawan yang berkarakter dan beretika dapat terlaksana. Wartawan juga butuh perlindungan. Untuk itu, PWI Sumut telah membentuk lembaga bantuan hukum bagi wartawan yang mengalami masalah berkaitan dengan hukum,” ujar Farianda menambahkan.

Sedangkan Ketua Panitia Pelaksana pelantikan pengurus PWI Sumut periode 2021-2026, Rifki Warisan melaporkan, kegiatan yang akan dilaksanakan tidak hanya pelantikan pengurus PWI Sumut pasca Konferda pemilihan 23 Oktober 2021, tapi juga melakukan bakti sosial dalam rangka memeriahkan Natal dan Tahun Baru bagi wartawan PWI beragama Kristen. (torong/ar)