Pj Bupati Langkat bersama Kakanwil Kemenag Sumut Lepas Calon Jemaah Haji Kloter 6

Sabtu, 18 Mei 2024


  Medan | Bandar Meriah News - Kelompok Terbang (Kloter) VI jamaah calon haji asal  Kabupaten Langkat, resmi diberangkatkan menuju Jeddah Arab Saudi melalui Bandara Internasional Kualanamu Deli Serdang.

Kloter VI berjumlah 360 orang jamaah ini, terdiri dari petugas haji, tim medis dan jamaah calon haji, bersiap untuk diberangkatkan. Diiringi lantunan takbir dan shalawat, seluruh jamaah calon haji Kloter VI asal Kabupaten Langkat bersiap diberangkatkan.

Pj Bupati Langkat, Faisal Hasrimy diwakili Staf Ahli Bidang Administrasi Sosial dan Kemasyarakatan, H Sujarno SSos, menyampaikan pesan Bupati yaitu ibadah haji ini mengharapkan kesabaran dan kekuatan iman. " Kita dorong kesusksesan ibadah haji ini yang ditentukan pada kesehatan pisik. Jaga dan pelihara kesehatan pisik. Bapak ibu sekalian jangan sampai sakit di Tanah Suci," ucapnya.

Dikatakan kerjasamalah dengan baik sesama jamaah. Demikian juga dengan KBIH dan petugas terutama perhatikan dan bantu jamaah orang tua, agar memudahkan mereka beribadah.

Kami selaku pimpinan daerah juga menyampaikan pesan kepada jajaran Camat SE Kabupaten Langkat  untuk mengawasi rumah dan keluarga para jamaah. "Yakinlah bapak ibu Allaah SWT menjaga keluarga rumah bapak ibu yang ditinggalkan demikian juga para Camat mengawasinya. "Tujuan ini pesan Pak Bupati agar para jamaah fokus mengerjakan ibadah haji dan khusuk," kata Bupati Langkat.

Niatkan Ibadah

Selanjutnya Kepala Kantor Wilayah Kementrian Agama Sumatera Utara H. Ahmad Qosbi, SAg, MM dalam sambutannya saat melepas Kloter VI berpesan, agar seluruh jamaah calon haji Kloter VI tetap niatkan perjalanan haji ini sebagai ibadah, jaga kesehatan dan saling bantu antar jamaah.

"Niatkan haji ini untuk ibadah semata karena Allah SWT, jangan berfikir hal lain, kemudian banyak bantu orang lain, Insya Allah yang mau membantu sesama tamu Allah, pasti akan menerima kemudahan,"ujar Ahmad Qosbi dalam pesannya kepada seluruh jamaah calon haji.

Disamping itu kepada Panitia haji diingatkan agar melayani tamu Allah secara ikhlas, karena tugas yang diberikan negara kepada para petugas haji, melayani terutama kepada jamaah lansia agar diperhatikan,"ujarnya.

Dixbagian akhir sambutannya, H Ahmad Qosbi mengingatkan, agar seluruh jamaah calon haji senantiasa menjaga kesehatan dengan tetap mengkonsumsi air putih, agar tidak mengalami dehidrasi.

"Mengingat kondisi di Tanah Suci bertemperatur panas, kami ingatkan tetap perbanyak konsumsi buah, air putih, vitamin dan handuk basah, agar kondisi fisik tetap baik, sehingga seluruh proses ibadah haji dapat berjalan lancar, Insya Allah,"ucapnya.

Pemberangkatan Kloter VI jamaah calon haji asal Langkat dihadiri pejabat di lingkungan Pemerintah Kabupaten Langkat, terlihat Kabang Kesra, Kepala Dinas, para staf ahli dan Kepala Kantor Kementrian Agama Kabupaten Langkat.

Kakanwil Kemenag Sumut Ahmad Qosbi,  Sekretaris PPIH Sumut Zulham Effendi, KTU Kemenag Sumut, M Yunus dan pejabat Kemenag Sumut  lainnya.(fit)