Majelis Ta’lim Sekumpul Al Banjari Gelar Maulid Akbar Jalsah Istnain

Senin, 04 September 2023

 


Medan | Bandar Meriah News -
 Ratusan  masyarakat Kecamatan Medan Marelan sekitarnya hadiri pelaksanaan Maulid Akbar Jalsah Istnain yang digelar oleh Majelis Ta’lim Sekumpul Al Banjari, Senin malam (04/09/2023) di Lapangan sebelah Gedung Marelan Hall Jalan Marelan I Pasar 4 Barat Kelurahan Rengas Pulau Kecamatan Medan Marelan.

Acara yang bertema ‘Marelan Bersholawat’ diawali dengan Hadroh Sholawat Darusshofa tersebut berlangsung tertib dan khikmad yang dilanjutkan dengan pembacaan ayat suci Al-Qur’an. Rangkaian kegiatan juga menghadirkan tiga penceramah kondang sekaligus masing-masing KH. Mufty Ahmad Nasihin, Habib Haiqal Alaydrus dan KH. Jafar Shogir S.Ag,MA. 

Selain itu juga terlihat hadir Ustad Udek Al Banjari,MA, pimpinan  Majelis Ta’lim Sekumpul Al Banjari yang juga Ketua panitia, Sekretaris panitia, Samsul Rizal Pasaribu,S.Ag, Inisiator Gerakan Gadget Sehat Indonesia (GGSI) Prof  Dr.Ridha Dharmajaya,Sp.BS, Dewan Penasehat Majelis Ta’lim Sekumpul Al Banjari, Supran Daulay,SH, alim ulama dan tokoh masyarakat lainnya.

Ustad Udek Al Banjari,MA, dalam sambutannya menjelaskan bahwa  Nabi Muhammad SAW adalah nabi akhir zaman yang selalu menjadi panutan yang tak akan pernah ada yang mengingkari kebenarannya. Beliaulah yang menuntun seluruh  umat manusia menuju jalan yang terang benderang yang selalu disinari dengan cahaya Islam.

“Dengan perjuangan beliau umat manusia bangkit dari zaman jahiliyah menuju zaman yang terang dengan cahaya Islam. Karena beliau jugalah seluruh manusia yang ada di muka bumi ini selamat dari kehancuran serta dengan kelahiran nabi akhir zaman  ini terciptalah aturan-aturan Islam yang penuh dengan keharmonisan, persaudaraan dan keseimbangan dengan terhapusnya  perselisihan, pertikaian dan peperangan,” kata ustad Udek.

Betapa luar biasanya jasa Nabi Muhammad SAW kepeda seluruh umat manusia yang ada di dunia ini. Sudah sepantasnyalah kita sebagai umatnya untuk selalu mengenangnya dan berusaha sekuat tenaga untuk mengamalkan apa yang telah diajarkan oleh beliau yang telah menjadi sumber dasar segala hukum  Islam, setelah Al-Qur’an yang sudah tidak diragukan lagi kebenarannya.Karena dengan selalu mengikuti apa yang telah diajarkan kepada kita , maka kita akan diakui sebagai umat beliau di hari kiamat kelak.

Selanjutnya ustad Udek Al Banjari  juga menjelaskan Jalsatul Istnain adalah pengajian yang pada mulanya dirintis oleh yang mulia Al Habib Umar bin Muhammad bin Salim bin Hafidz  di kota Tarim, sekitar 20 tahun lalu. Jalsatul Istnain diadakan setiap hari Senin satu jam selepas adzan Isya dan berpindah-pindah di kota Tarim.  Saat ini  Majelis Ta’lim Sekumpul Al Banjari mengadakan pengajian rutin setiap Jum’at malam Sabtu ba’da Isya, jelasnya.

Sementara itu, Prof  Dr.Ridha Dharmajaya menyambut baik terlaksananya acara Maulid Akbar Jalsah Istnain sebagai sarana menambah ilmu pengetahuan agama dan kemasyarakatan. “Kegiatan ini akan mempererat silaturrahmi dan  ukhuwah Islamiyah diantara kita yang harus dilaksanakan secara berkesinambungan,” ujar Ridha.

Sebelumnya, Penasehat Majelis Ta’lim Sekumpul Al Banjari, Sufran Daulay,SH kepada wartawan menjelaskan bahwa, kegiatan Maulid Akbar Jalsah Istnain dilaksanakan untuk memberikaqn wawasan keagamaan yang luas kepada para jamaah.

“Dari kegiatan ini secara langsung para jamaah majelis ta’lim  dapat mengetahui dan memahami lebih mendalam tentang wawasan agama Islam dan akhirnya menambah pengetahuan mereka tentang Islam sebagai agama yang mereka yakini serta mereka jadikan sebagai landasan hidup sehari-hari,” ujar  tokoh muda energik yang juga selaku bendahara Ormas Markas Daerah Laskar Merah Putih Perjuangan (LMPP) Sumut yang Ketua Dewan Penasehat pusatnya Prof DR KH Ma’ruf Amin. 

Saat ini Sufran Daulay juga diketahui bakal bertarung di Pemilu legislative 2024 Bacaleg DPRD Medan dari daerah pemilihan (dapil) 2 meliputi Medan Marelan, Belawan dan Labuhan dari Partai Kebangkitan Nusantara (PKN) yang Ketua Umumnya  Anas Urbaningrum.(torong ) 

Ket foto : Sejumlah ulama, Habaib hadiri  Maulid Akbar Jalsah Istnain yang digelar Majelis Ta’lim Sekumpul Al Banjari di Kelurahan Rengas Pulau Kecamatan Medan Marelan.(torong)