Polres Langkat Laksanakan Pengamanan Festival Pawai Obor Kreatif Patuah ke 5 Sekaligus Milad ke 6 Kecamatan Tanjung Pura

Selasa, 18 Juli 2023


 Langkat | Bandar Meriah News - Dalam rangka menyambut Tahun Baru Islam 1445 H,Polres Langkat melaksanakan Pengamanan Kegiatan Festival Pawai Obor Kreatif Patuah ke-5 & Sekaligus Milad ke-6 Tahun 2023 di Kecamatan Tanjung Pura, Selasa (18/07/2023),sekira pukul 21.00 WIIB di Lapangan Sepak Bola Nur Cahaya Kelurahan Pekan Tanjung Pura, Kabupaten Langkat, yang dipimpin oleh Kabag OPS Polres Langkat AKP Sahrial Sirait SH.

Hadir Camat Tanjung Pura MHD. Nawawi, S.STP, M.AP, Kapolsek Tanjung Pura AKP Surahman SH,Anggota DPRD Kab. Langkat Fraksi Partai PKS Fatimah, S.SI, M.Pd,Mewakili Danramil 11 Tanjung Pura Babinsa Kel. Pekan Tanjung Pura Sertu Kusno, Sekcam Tanjung Pura Zulkarnain Sembiring, S.Sos,Anggota Kasi Trantib Tanjung Pura, Lurah Pekan Tanjung Pura Suwanto, S.SOS, M.AP,Tomas, Toga dan Toda,PAC PP Kec. Tanjung Pura,Rayon FKPPI Kec. Tanjung Pura,Team Personil Polres Langkat dan Polsek Tanjung Pura.

Rangkaian kegiatan diawali dengan Pembukaan oleh protokol, Pembacaan Ayat Suci Al-Qur'an dan Do'a.Kemudian,kata sambutan dari Ketua Panitia  Pawai Obor Ketua Umum Pemuda Al Hijrah Bertuah (PATUAH ) Kec. Tanjung Pura.

Dilanjutkan dengan kata sambutan oleh Camat Tanjung Pura.Kegiatan dilanjutkan dengan Pelepasan peserta Pawai Obor secara simbolis oleh Camat Tanjung Pura di depan pintu masuk Stadion Nur Cahaya.

Adapun Rute lintasan yang di lintasi peserta Pawai Obor di awali dari Lapangan Nur Cahaya ke Jln. Bambu Runcing - Jln. Perjuangan - Simpang Kantor Camat - RSU Tanjung Pura Jln. Khairil Anwar - Pasar Baru Tanjung Pura, Simpang 4 Pekubuan Jln. Pattimura, Polsek Tanjung Pura dan Finish kembali ke Lapangan Nur Cahaya dengan jarak tempuh sepanjang 2 Km.

Adapun para peserta berasal dari Kec. Tanjung Pura, Kec. Hinai dan Kec. Gebang yang terdiri dari 26 Regu dengan jumlah peserta sebanyak 2.497 orang dan kali ini pihak Panitia mengambil 6 Kategori yaitu : Juara Obor Terkreatif, Juara Terbaik, Shalawat Terbaik, Juara Favorite, Juara Umum dan Juara Peserta Terbanyak dan kegiatan tersebut juga bertujuan untuk menyemarakkan Tahun Baru Islam 1445 Hijriah, guna mempererat silaturahmi antar pemuda remaja masjid, dan sarana menuangkan kreatifitas pemuda dan para peserta kegiatan dinilai oleh juri yang telah ditunjuk, dan pemenangnya akan menerima Thropy dan uang pembinaan

Kegiatan Pawai Obor diselenggarakan oleh Pemuda Al-Hijrah Bertuah (PATUAH) Kec. Tanjung Pura dan sebagai Ketua Umum Patuah Aidir Syahputra, S.HI beserta Ketua Panitia Maulida Savira, kemudian hasil monitoring dilapangan ratusan warga memadati sisi kanan dan kiri jalan protokol Kel.Pekan Tanjung Pura untuk menyaksikan Festival Pawai Obor Kreatif Patuah ke-5 & Sekaligus Milad ke-6 Tahun 2023,di mana masyarakat menyaksikan cukup antusias jalannya pawai obor tersebut kemudian selain menyaksikan pawai obor warga juga menyaksikan berbagai replika yang diiringi para penabuh beduk sambil membacakan sholawat dan takbiran

Adapun hasil Keputusan Dewan Juri menetapkan Para Juara dari berbagai kategori yang di lombakan antara lain :

1. Juara Umum : dengan berat NPP 011 Regu Remaja Mesjid Desa Suka Maju 

2. Juara Peserta Terbanyak : yaitu 250 orang peserta dengan NPP 014 Regu Desa Teluk Bakung

3. Juara Obor Kreatif : dengan nilai 3.000 NPP 004 Regu Remaja Mesjid Nurul Hidayah Desa Air Hitam 

4. Juara Terbaik : dengan nilai 10.200 NPP 004 Regu Remaja Mesjid Nurul Hidayah Desa Air Hitam 

5. Juara Favorite : dengan NPP 009 Regu Remaja Masjid Al-Khairat

6. Juara Shalawat Terbaik : dengan nilai 2.800,9 NPP 005 Regu Remaja Mesjid Lalang Desa Lalang

Langkah Pengamanan Kegiatan Festival Pawai Obor Kreatif Patuah ke-5 & Sekaligus Milad ke-6 Memeriahkan Tahun Baru Islam 1446 H / Tahun 2023.

1.Pada hari Selasa tanggal 18 Juli 2023 sekira pukul 20.00 wib telah dilaksanakan Apel Kesiapan Pengamanan Kegiatan Festival Pawai Obor Kreatif Patuah ke-5 & Sekaligus Milad ke-6 Memeriahkan Tahun Baru Islam 1446 H / Tahun 2023 bertempat di Lapangan Mapolsek Tanjung Pura Jl. Bambu Runcing Kel. Pekan Tanjung Pura Kec. Tanjung Pura Kab. Langkat 

2). Kegiatan apel dipimpin oleh Kabag Ops Polres Langkat AKP Syahrial Sirait, SH, MH dalam rangka melaksanakan Perintah Kapolres Langkat Berdasarkan Surat Perintah Nomor : Sprin/807/VI/PAM 3.2./2023/Ops, perihal pengamanan Kegiatan Festival Pawai Obor Kreatif Patuah ke-5 & Sekaligus Milad ke-6 Memeriahkan Tahun Baru Islam 1446 H / Tahun 2023.

3). Dalam giat tersebut Kabag Ops menyampaikan kepada para peserta Apel untuk menjaga Attitude selama pelaksanaan kegiatan Pam, serta tetap waspada bilamana terjadi eskalasi situasi yang dapat berubah sewaktu-waktu sehingga antisipasi terjadinya hal yang tidak diinginkan. 

4). Kegiatan Pengamanan yang dilakukan meliputi dari pengamanan lalu lintas, pengamanan masyarakat, kenderaan serta harta benda bagi pengunjung pawai obor dan saya minta semua personil jangan ada diam ditempat karena kita harus mengamankan kelancaran lalu lintasnya juga kelancaran kegiatannya.

5). Guna terciptanya Kamseltibcarlantas pihak Kepolisian melibatkan perkuatan 1 (satu) Unit Mobil Patroli serta Personil Polres Langkat dan Polsek Tanjung Pura sebanyak mungkin 47 orang untuk kelancaran kegiatan Pawai Obor terbagi di 12 titik yaitu depan Polsek, Simpang Pekubuan, Jalan Pajak Baru, Depan RSUD Tanjung Pura, Simpang Kantor Camat, Jalan Perjuangan, Simpang Waduk, Simpang Koramil.(ros)