Jadi Juara Dunia, Cup Tester Kopi Terbaik Ada di Indonesia

Kamis, 29 Juni 2023

 


Athena | Bandar Meriah News
 - Bukan hanya menjadi salah satu produsen kopi terbesar di dunia, Indonesia ternyata memiliki banyak talenta potensial yang bisa menjadi masa depan industri kopi nasional.  Sebut saja Mandie Soengkono, talenta muda Indonesia yang berhasil mendapatkan juara kedua di kompetisi World Cup Testers Championship 2023. Kompetisi bergengsi ini digelar akhir pekan lalu (24/06/2023) di Athena, Yunani. 

Mandie Soengkono menjadi juara kedua setelah mengalahkan Andrii Vasyliev dari Ukraina dan Oretis Sfiris dari Yunani. Pada babak final, Mandie berhasil nemebak tujuh dari delapan gelas dengan benar. Skornya sama dengan juara pertama, Young Baek dari Australia, hanya terpaut waktu saja. Pencapaian ini tentu saja memberikan prestasi yang berharga bagi Indonesia, terlebih Mandie menjadi satu-satunya cup tester perempuan yang masuk babak final.

Sebelumnya, Mandie menjuarai Indonesia Cup Testers Championship yang dihelat di JIExpo Kemayoran pada kegiatan Indonesia Coffee Festival (ICF) 2023 awal Juni silam. Acara ini merupakan kerja sama antara Specialty Coffee Association of Indonesia (SCAI) dan PMO Kopi Nusantara, platform multi-stakeholders partnership industri kopi di Indonesia yang diinisiasi oleh Menteri BUMN Erick Thohir. Kompetisi yang didukung oleh BRI, Pegadaian, PTPN Holding, dan Pupuk Indonesia ini ternyata mampu menghasilkan juara yang diakui oleh dunia.

Selain fokus pada pengembangan industri, Erick Thohir selalu menyampaikan investasi pada sumber daya manusia (SDM) merupakan kunci untuk menjaga pertumbuhan negara hingga tahun 2045. "Investasi di sumber daya manusia, investasi di generasi muda, investasi riset dan pengembangan, investasi di inovasi adalah kunci menjaga pertumbuhan Indonesia hingga 2045," ujar Erick di berbagai kesempatan. Kesuksesan Mandie ini menjadi contoh dari hasil investasi SDM yang dilakukan oleh Indonesia.

Ketua SCAI, Daryanto Witarsa, menjelaskan bahwa ajang kompetisi dan pameran seperti ini akan terus di lakukan di Indonesia. “Antusiasme masyarakat Indonesia dalam pengembangan industri kopi nasional sangat besar. Kita harus wadahi antusiasme ini dengan baik agar bisa menjadi mendorong potensi Indonesia menjadi kiblat kopi dunia,” ucap Daryanto yang juga aktif sebagai Wakil Ketua II PMO Kopi Nusantara. “Ada ribuan orang yang mendaftarkan diri pada kompetisi nasional yang kita selenggarakan setiap tahunnya. Ini berarti banyak yang mau memajukan industri kopi dalam negeri.”

Kesuksesan Mandie menjadi juara dunia adalah salah satu bukti keberhasilan Indonesia dalam mengembangkan talenta-talenta terbaik di industri kopi nasional terutama di sektor hilir. Pada ICF 2023, Direktur Utama BRI, Sunarso, menekankan bahwa BUMN terus mendukung hilirisasi kopi nasional. “Visi kita adalah menjual kopi dengan nilai tambah yang maksimal. Visinya itu, dan sudah barang tentu dijual secara global,” ujarnya. Sunarso juga menyebutkan bahwa BRI terus mendukung kebutuhan industrialisasi kopi, salah satunya dengan mendorong talenta-talenta berbakat seperti Mandie untuk terus belajar dan menjadi juara dunia.(rel/torong)