Tahun Ini Ada 369 CJH Langkat, Syah Afandin Do'akan Jadi Haji Mabrur

Rabu, 24 Mei 2023

  


Langkat Bandar Meriah News -Plt Bupati Langkat H.Syah Afandin SH melalui Sekdakab Langkat H. Amril, S.Sos, M.AP menghadiri manasik sekaligus tepung tawar calon jamaah haji (CJH) Kabupaten Langkat 1444 H/2023 M, di Jentera Malay Rumah Dinas Bupati Langkat, Rabu(24/05/2023).

Laporan Kakan Kemenag Langkat H.Ainul Aswad,MA jamaah haji Kabupaten Langkat sebanyak 369 orang yang tergabung dalam dua kelompok terbang yakni kelompok terbang 12 sebanyak 360 orang, dan kelompok terbang 15 sebanyak 9 orang. 

Terdiri atas 8 karun, 33 karom, dan 2 TPHD daerah dan 2 TPHD Provinsi serta ditambah 5 orang petugas kloter haji.

Jamaah tertua laki-laki atas nama Marasyid bin Mansyur umur 87 tahun asal Kecamatan Secanggang. Jamaah tertua perempuan atas nama Jamilah Br Tarigan binti Mentas Tarigan umur 87 tahun asal Kecamatan Gebang. Jamaah termuda laki laki M Kurniatama Bin H.Abdul Jabal Sibarani umur 29 tahun asal Kecamatan Stabat. Jamaah haji termuda perempuan atas nama Dina Rizky Yunita binti Fredy Rismanto umur 22 tahun asal Kecamatan Binjai. 

Lanjut Ainul, jamaah yang tergabung dalam kloter 12 akan dilepas secara resmi oleh Bapak Plt. Bupati Langkat dan unsur Forkopimda pada hari Sabtu 03 Juni 2023 pukul 10.00 WIB bertempat di Tribun alun-alun Tengku Amir Hamzah Stabat.

 Sementara bagi jamaah yang tergabung di koloter 15 akan dilepas oleh Bapak Plt Bupati Langkat pada hari Selasa 06 Juni 2023 pukul 13.30 WIB di Serambi Jentera Malay Rumah Dinas Bupati Langkat.

Sekdakab Langkat mengatakan karena ibadah haji ini membutuhkan biaya yang tidak sedikit serta antrian keberangkatan yang harus ditunggu, maka diharapkan biaya yang dikeluarkan jangan sampai sia-sia dan antrian yang dilakukan jangan layaknya arang habis besi binasa. 

Pemerintah Kabupaten Langkat bersama Kementerian Agama memiliki kewajiban menjadikan Bapak Ibu sebagai jamaah haji yang mandiri dan berilmu serta diharapkan membawa perubahan positif di kehidupan masyarakat sepulangnya nanti. 

"kami akan terus mendoakan untuk kesehatan dan kebaikan Bapak Ibu menjelang maupun saat menunaikan ibadah hingga kepulangan nanti, senantiasa mendapatkan kemudahan-kemudahan yang akan menjadikan Bapak Ibu nyaman dalam melaksanakan ibadah. Termasuk kepada seluruh camat dalam hal ini saya instruksikan untuk memberikan porsi khusus perhatian kepada keluarga maupun rumah tempat tinggal jamaah yang berangkat untuk memantau dan mengenali keluarga jamaah yang tinggal," imbuhnya. 

Kepada para petugas keberangkatan haji, sambung Amril, baik tim kesehatan, pembimbing dan lainnya, berharap bisa bekerja sebaik-baiknya dan tulus ikhlas membantu para jemaah calon haji.

"Kita mendoakan seluruh CJH  yang berangkat ke tanah suci tahun ini selalu dalam keadaan sehat. Dapat melaksanakan ibadah dengan lancar. Dan ketika pulang menjadi haji yang mabrur,” harap Sekda Langkat.

Turut Hadir: Ny.Hj. Endang Kurniasih Syah Afandin ( ketua PKK kab langkat), H.zulkifli Ahmad Dian Lc. ( Ketua MUI), Para OPD yang berhadir, perwakilan Danyon Marinir, perwakilan Dandim 0203/Langkat, dan va sari ( Ketua Pengadilan Agama Langkat).(martin)