Expo Hut Dekranas ke-43 Mendapat Apresiasi Dari Ketua Dekranasda Batu Bara

Selasa, 16 Mei 2023


Medan | Bandar Meriah  News 
- Sebagai rangkaian dari Hut Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) ke-43 yang berlangsung di Kota Medan, diselenggarakan pameran UMKM bertajuk Expo Hut Dekranas Ke 43 di Lap. Benteng Medan, Selasa (16/05/2023).

Expo Hut Dekranas ke-43 ini dihadiri langsung oleh ibu negara Hj. Iriana Joko Widodo didampingi Ketua Umum Dekranas Hj. Wury Ma'ruf Amin beserta para pengurus. Selain itu hadir juga Wali Kota Medan Bobby Nasution dan juga Ketua Dekranasda Kota Medan Ny. Kahiyang Ayu M. Bobby Afif Nasution. 

Ratusan produk unggulan UMKM dari berbagai Provinsi dan Kab/Kota di Indonesia ditampilkan dalam expo tersebut. Termasuk produk unggulan dari Dekranasda kota Medan yang sempat mencuri perhatian ibu negara Hj. Iriana Joko Widodo.

Kemeriahan Expo Hut Dekranas Ke-43 yang diselenggarakan di Kota Medan ini mendapat apresiasi dari Ketua Dekranasda Kab/kota lainya di Indonesia salah satunya adalah dari Ketua Dekranasda Kota Surakarta Ny. Selvi Ananda Gibran Rakabuming Raka yang menyambut baik dan mengapresiasi HUT Dekranas ke-43 dimana Kota Medan sebagai tuan rumah dalam perayaan event Nasional tersebut. Menurutnya event ini menjadi wadah untuk memajukan pariwisata, menumbuhkan perekonomian, serta memajukan UMKM lokal.

"Tentunya acara ini dapat menjadi wadah untuk memajukan pariwisata, menumbuhkan perekonomian serta memajukan para pelaku UMKM lokal."kata Ny. Selvi Ananda Gibran Rakabuming Raka sembari mengatakan untuk Kota Surakarta sendiri menampilkan kerajinan batik tulis yang dibawa langsung dari kampung batik yang ada di Kota Surakarta atau Kota Solo.

Hal senada juga disampaikan oleh Ketua Dekranasda Kabupaten Batu Bara Ny. Hj Maya Indriasari Zahir yang mengungkapkan perayaan HUT Dekranas ke 43 yang digelar di Kota Medan berlangsung meriah bahkan dihadiri langsung oleh Ibu Negara Hj. Iriana Joko Widodo.

"Alhamdulillah tahun ini sangat luar biasa dan meriah, Hut Dekranas yang ke 43 ini dihadiri langsung oleh ibu negara. Antusias masyarakat dan juga para peserta dari seluruh indonesia sangat luar biasa mengikuti expo Hut Dekranas ke 43, ini terlihat dari banyaknya stand kerajinan UMKM yang ikut memasarkan produknya,  membuktikan bahwa kerajinan di Indonesia ini sangat kaya."ungkapnya.

Hj. Maya Indriasari Zahir berharap melalui event ini para pengrajin di indonesia semakin bertumbuh dan jangan sampai punah. 

"Tentu kita berharap para pengrajin UMKM di Indonesia semakin tumbuh berkembang, karena karya-karyanya sangat luar biasa dan juga kerajinan di Indonesia semakin terkenal baik di negara sendiri maupun internasional"harapnya.

Sementara itu untuk stand di Kabupaten Batu Bara sendiri menampilkan  kain songket dan kain jumputan Batu Bara yang sudah terkenal di Provinsi Sumut, ditambah dengan berbagai macam kuliner khas Kabupaten Batu Bara.(safrizal)