Pembukaan PTQ RRI Takengon di Lapangan RRI Takengon

Kamis, 23 Maret 2023


Bener Meriah | Bandar Meriah News -
Acara pembukaan Pekan Tilawat Qur’an (PTQ) RRI Takengon tahun 2023, di Kantor LPP RRI Takengon, Kamis (23/03/2023).

Kepala LPP RRI Takengon, Nurdin mengatakan,  kegiatan PTQ RRI tersebut merupakan agenda rutin tahunan. Untuk tahun ini,  ada tiga cabang yang dilombakan  yaitu tilawah, tausyiah dan tahfiz.

Cabang tilawah  ada 11 peserta yang terdiri dari 8 putra dan 3 putri. Cabang tausiah ada 20 peserta, terdiri dari 11 putra dan 9 putri. Cabang tahfiz Qur’an ada 9 peserta terdiri dari 5 putra dan 4 putri. Total jumlah peserta sebanyak 40 orang.

“Untuk pemenang tilawah putra dan putri akan mewakili RRI Takengon di tingkat nasional yang akan dilaksanakan pada tanggal 1 sampai 6 April 2023 mendatang di Kendari, Sulawesi Tenggara,” kata Nurdin.

Sedangkan pemenang lomba tausiah serta tahfidz putra dan putri nantinya akan mengikuti ajang di tingkat tingkat Korwil di Banda Aceh yang diikuti oleh peserta dari RRI Banda Aceh, RRI Lhokseumawe, RRI Meulaboh, dan RRI Takengon.

“Nanti dengan cara mengirim audio serta video ke RRI Banda Aceh. Pemenang pada lomba tingkat Korwil Banda Aceh, baik tausiah, maupun tahfidz akan mewakili korwil di tingkat nasional di Kendari,” papar Nurdin.

Dia berharap kepada dewan hakim agar dapat memberikan penilaian yang objektif kepada peserta lomba tanpa ada intervensi dan kepentingan pribadi demi nama baik daerah. “Kepada seluruh peserta selamat berlomba, tampilkan yang terbaik dari diri kita masing-masing,” harapnya.

Sementara itu, acara PTQ RRI Takengon Tahun 2023 tersebut mengambil tema “Mewujudkan Masyarakat Toleran Berkarakter Qur’ani Untuk Indonesia Kuat”. Kegiatan itu, dibuka oleh Kepala Kementerian Agama Aceh Tengah, Saidi Belantara, S.Ag.,M.A mewakili Pj Bupati Aceh Tengah, Ir T Mirzuan.

Dari Kabupaten Bener Meriah, selain Plt Asisten 1 Setdakab, kegiatan tersebut juga diikuti oleh Kepala Dinas Syariat Islam, Taslim, S.Ag, perwakilan Kepala Kementerian Agama serta perwakilan Dinas Dayah, Bener Meriah. ( ken pengamul/ hamdani)