Musrenbang RKPD Langkat 2024, Syah Afandin Dipuji Deputi Sekretariat Wakil Presiden

Kamis, 16 Maret 2023

 


Langkat | Bandar Meriah News -
 Plt Bupati Langkat H Syah Afandin,SH membuka Musrenbang RKPD Kabupaten Langkat Tahun 2024, di Ruang Pola Kantor Bupati Langkat, Stabat, Kamis (16/03/2023).

Kegiatan ini mengusung tema "peningkatan penyerapan integritas sektor ekonomi unggulan (Pertanian, Perikanan, Perindustrian, Perdagangan dan UMKM). 

Musrenbang ini turut dihadiri Deputi Bidang Dukungan Kebijakan Pemerintahan dan Wawasan kebangsaan Sekretariat Wakil Presiden Republik Indonesia, Felix Fernando Wanggai. 

Ia memberikan apresiasi ke Bapak Plt Bupati Langkat ada topik di tahun 2024 yang sama dengan topik nasional, topik pertama tentang kemandirian Desa ini menjadi topik yang penting untuk kita melihat Desa dapat berdiri sendiri.

"Desa tidak hanya dilihat sebagai sektor pertanian, kalau dulu orang melihat Desa hanya pertanian tapi sekarang orang melihat Desa dengan ada pariwisatanya apalagi tadi dikaitkan dengan tema besar di RKPD 2024," kagumnya.

Syah Afandin menyampaikan Langkat ini merupakan satu kawasan strategis yang memang membutuhkan keseriusan di dalam pengelolaannya untuk dapat dimanfaatkan sebesar-besarnya untuk kepentingan masyarakat. 

"Saya sangat bangga dengan perusahaan-perusahaan yang kemarin sudah memberikan sebagian keuntungannya demi menunjang program pemerintah kabupaten Langkat untuk kepentingan masyarakat," sebutnya. 

Selanjutnya, Afandin mengucapkan terimakasih atas kehadiran Pak Felix Fernando Wanggai di kabupaten Langkat. "Saya ingin menyampaikan peluang yang Bapak sampaikan tadi itu sebenarnya sudah tersimpan rapi di dalam pemikiran kami, tapi terkadang ada kendala ketika kami, saya bersama teman-teman waktu itu juga dari legislatif anggota dewan yang ke Jakarta, itu selalu terpatahkan dengan kalimat bahwa Langkat belum masuk dalam skala prioritas pembangunan nasional," ungkapnya. 

Selanjutnya, laporan panitia yang di sampaikan Hj.Rina Wahyuni Marpaung kepala BAPPEDA Langkat, menjelaskan tujuan pelaksanaan musrenbang adalah menyepakati permasalahan pembangunan Program Prioritas dan kegiatan prioritas penyelenggaraan dengan Prioritas pembangunan provinsi serta klarifikasi, verifikasi usulan prioritas yang diusulkan berdasarkan hasil musrenbang Kecamatan. 

Hasil yang ingin dicapai dari pelaksanaan kegiatan RKPD tahun 2024 adalah tersedianya bahan masukan dari pemangku kepentingan bagi penajaman dan penyelarasan terhadap tujuan sasaran strategi dan arah kebijakan serta Prioritas pembangunan Kabupaten Langkat tahun 2024 yang dituangkan dalam berita acara kesepakatan mekanisme pelaksanaan. 

Musrembang dilaksanakan selama 3 hari terjadwal dari tanggal 15 Maret dan berakhir tanggal 17 Maret 2023.

"Ini merupakan rangkaian kegiatan terakhir yang akan kita laksanakan selama di kepemimpinan Bapak PLT Bupati Langkat untuk periode 2019 sampai dengan 2024. Dari Kecamatan, kita sudah melaksanakan musrembang Kecamatan agar usulan-usulan prioritas yang terpenting untuk akhir jabatan yang harus dipertanggungjawabkan kepemimpinan Pak Bupati kita bisa maksimalkan di tahun 2024," sebutnya. 

Turut hadir Gubernur Sumatera Utara di wakili H.Rajali, S.Sos,M.SP Kadis Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Sumatera Utara. Kapolres AKBP Faisal Rahmad Husain Simatupang, SH,S.I.K, MH. Kajari Langkat Mei Abeto Harahap,SH,MH. Sekda Langkat Amril,S.Sos,M.AP. Dandim 0203/LKT di wakili Kapten Inf Sudirman Danramil 13/Berandan. Anggota DPRD Langkat Fatimah dan Amalia 

Serta para Asisten Setda Langkat, Staf Ahli Bupati Langkat, Kepala Perangkat Daerah di Jajaran Pemerintahan Kabupaten Langkat, Dirut PDAM Herman Sukendar Harahap,SH, Camat Se Kabupaten Langkat, Pimpinan Perusahan dan Peserta.(torong/martin)