Anggota DPRD Kota Medan D Edy Eka Suranta S Meliala Minta Pemko Medan Menekan Angka Kemiskinan Masyarakat

Sabtu, 18 Februari 2023

  


Medan | Bandar Meriah News - Anggota DPRD Kota Medan dari Fraksi Gerindra, D Edy Eka Suranta S Meliala (Diko), mengatakan inti  menekan angka kemiskinan.

Hal itu disampaikan Diko kepada Wartawan, Sabtu (18/02/2023).

Hal yang paling mendasar dalam persoalan kemiskinan, kata Diko, di antaranya menyangkut kebutuhan pangan, pelayanan kesehatan, pelayanan pendidikan, modal usaha serta rasa aman.

Untuk hak atas kebutuhan pangan, sebut Diko, masyarakat bisa mengusulkan melalui kelurahan untuk masuk ke dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) guna mendapatkan Bantuan Pangan Non Tunai (BNPT) dan Program Keluarga Harapan (PKH).

Untuk bidang kesehatan, sambung Diko, Pemkot Medan telah meluncurkan program Universal Health Coverage (UHC) sejak 1 Desember 2022. “Sekarang, masyarakat Kota Medan sudah bisa mendapatkan pelayanan kesehatan hanya memakai KTP atau KK,” kata anggota Komisi I itu.

Untuk bidang pendidikan, tambah Diko, Pemkot Medan telah mengalokasikan anggaran bantuan pendidikan untuk siswa miskin di Kota Medan non Kartu Indonesia Pintar (KIP). “Nama programnya BSM (Bantuan Siswa Miskin). Ada juga bea siswa miskin dan berprestasi untuk mahasiswa sesuai dengan biaya riil kampus,” sebutnya.

Lanjut legislator asal Dapil V itu, ada bantuan UMKM. “Jadi, masyarakat harus memanfaatkan program-program bantuan yang diberikan Pemkot Medan ini,” imbau Diko.

Semua bentuk bantuan ini, kata Diko, menjadi bukti keseriusan Pemkot Medan dalam menanggulangi kemiskinan kota. “Ini juga bukti keseriusan Wali Kota Medan, Bobby Nasution, menjalankan program prioritasnya melalui kolaborasi yang baik antara Pemkot dengan DPRD Medan,” ujarnya.

Selain sebagai regulasi dalam menyusun program penanggulangan kemiskinan,dukungan bagi Pemkot Medan untuk menampung anggarannya.(fit)