Pertanian Sektor Penting Bagi Kabupaten Deli Serdang

Selasa, 20 Desember 2022

 


Deli Serdang | Bandar Meriah News  -
 Pertanian merupakan salah satu sektor penting bagi Kabupaten Deli Serdang. Bahkan Deli Serdang sudah dikenal dengan swasembada berasnya.

"Menurut kajiannya, sudah selayaknya juga kita menggantungkan harapan kepada sektor pertanian dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Deli Serdang mempunyai tanah yang subur, luas, dan memiliki para petani yang mencintai pekerjaannya, berpengalaman, serta menguasai masalah-masalah pertanian," kata Bupati Deli Serdang, H Ashari Tambunan pada Kunjungan Kerja dan Silahturahmi dengan Masyarakat Tani Kecamatan Beringin sekaligus Pemberian Alat dan Mesin Pertanian (Alsintan) di Dusun Juli, Desa Sidodadi Ramunia, Kecamatan Beringin, Selasa (20/12/2022), pukul 14.30 WIB.

Dijelaskan Bupati, Kabupaten Deli Serdang memiliki jarak terdekat untuk memasaran hasil-hasil pertanian dari pada daerah lain di Sumatera Utara. 

"Tujuan pemasaran hasil-hasil kita selain di Deli Serdang, yang terdekat adalah Kota Medan, kabupaten-kabupaten tetangga yang lebih jauh lagi di luar Sumatera Utara, di luar Pulau Sumatera, bahkan bisa ke luar negeri," ucap Bupati lagi.

Sebagai upaya menjadikan sektor pertanian menjadi salah satu sumber mata pencaharian/pekerjaan untuk meningkatkan kesejahteraan, sebut Bupati, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Deli Serdang terus memberikan bantuan berupa Alsintan.

Bupati juga memberi apresiasi kepada anggota DPRD Sumatera Utara, Ir Hj Anita Lubis yang terus mengingatkan pemerintah provinsi, bahkan pemerintah pusat untuk selalu memberikan perhatian dan dukungan kepada para petani Deli Serdang, khususnya petani di Kecamatan Beringin.

"Semoga bantuan-bantuan yang telah diberikan ini dapat disyukuri, dapat memberikan manfaat, dijaga dan dirawat agar dapat terus dipergunakan," harap Bupati

Hal senada juga disampaikan Ir Hj Anita Lubis yang berharap Alsintan yang diberikan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat tani di Kecamatan Beringin.

"Manfaatkan dengan baik alat dan mesin pertanian ini, semoga dapat meningkatkan produksi sehingga pendapatan petani bisa lebih baik lagi," kata anggota Fraksi Demokrat DPRD Sumatera Utara ini.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian, Rahman Saleh Dongoran SP MSi melaporkan tahun 2022, khusus di bidang pertanian, Pemkan Deli Serdang banyak mendapat bantuan dari Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprovsu) dan pemerintah pusat .

"Selain Alsintan yang kita serahkan ini, Pemerintah Kabupaten Deli Serdang mendapatkan bantuan dari program konversi pompa air dari Bahan Bakar Minyak (BBM) ke Bahan Bakar Gas yang merupakan Aspirasi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan Partai Demokrat DPR RI bekerjasama dengan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM)," ujar Kadis Pertanian.

Di acara itu, Bupati bersama Ir Hj Anita Lubis, secara simbolis menyerahkan traktor roda empat, Combaine Harvest (mesin pemotong padi), kendaraan motor roda tiga, hand tractor, power thresher (mesin perontok padi), cultivator (mesin mengolah tanah sekunder) dan hand sprayer (alat menyiram atau semprot hama) dari Pemkab Deli Serdang, Pemprovsu, dan Kementerian Pertanian kepada perwakilan petani.

Turut hadir pada kegiatan itu, mantan Sekda Deli Serdang, Darwin Zein SSos; Asisten Perekonomian dan Kesejahteraan Rakyat, Putra Jaya Manalu; para Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD); Camat Beringin, H Iskandar Sahyuti Siregar SSos MAP beserta Muspika; Kepala Desa Sidodadi Ramunia, Salamun; kepala desa se-Kecamatan Beringin, Ketua Kelompok Tani (Poktan) se-Kecamatan Beringin, Pengurus Unit Pelayanan Jasa Alsintan.(Nurdin/raja)