Sentra Gakkumdu Kabupaten Bener Meriah Resmi Dibentuk

Kamis, 13 Oktober 2022

 Sentra Gakkumdu Kabupaten Bener Meriah Resmi Dibentuk



Bener Meriah | Bandar Meriah News -
Pembentukan Sentra Gakkumdu Sentra Penegakan Hukum Terpadu (Sentra Gakkumdu ) Kabupaten Bener Meriah resmi dibentuk dan siap untuk mengawal, maupun mengawasi penyelenggara pemilihan umum (Pemilu) 2024 mendatang.

Pembentukan Sentra Gakkumdu Bener Meriah dilaksanakan di Kantor Panwaslih Kabupaten Bener Meriah, Kamis (13/10/2022).

Ketua Sentra Gakkumdu Bener Meriah, Ramdona SH menyampaikan, sejatinya Sentra Gakkumdu ini dibentuk beberapa hari yang lalu, namun karena adanya kesibukan para Komisioner di luar daerah maka hari ini baru dapat kita bentuk.

“Kita komitmen sebelum tanggal 15 Oktober 2022 Sentra Gakkumdu di Bener Meriah sudah terbentuk, dan alhamdulillah hari ini secara resmi telah kita bentuk,”kata Ramdona.

Ramdona menjelaskan, Sentra Gakkumdu ini beranggotakan sebanyak 25 orang yang terdiri dari 9 orang dari Panwaslih Bener Meriah, 8 orang dari Polres Bener Meriah, dan 8 orang dari Kejari Bener Meriah.

Ia menambahkan, sekretariat Sentra Gakkumdu untuk tahun ini masih di Sekretariat Panwaslih Bener Meriah dan mudah-mudahan tahun depan sudah ada sekretariat tersendiri. Ungkap Ramdona.

Sementara itu, Waka Polres Bener Meriah Kompol Adi Sofyan mengatakan, Sentra Gakkumdu bukanlah barang baru, artinya beberapa personel dari kepolisian tentu sudah memahami apa tugas dan fungsi mereka di Sentra Gakkumdu ini.

“Secara umum, tentu kita sudah paham dan mengerti apa tugas kita masing-masing kedepannya,”imbuh Sofyan.

Sedangkan Kejari Bener Meriah yang diwakili Kasi Pidsus, Aulia SH menuturkan, Kejaksaan negeri Bener Meriah siap mendukung dan berkolaborasi dengan Panwaslih dan Polres Bener Meriah dalam rangka mengawasi dan melakukan gelar perkara untuk menemukenali unsur-unsur tindak pidana pemilu dan bukti-bukti yang harus dikumpulkan.

“Terkait hal ini, saya rasa itu sudah menjadi pekerjaan pihak Kejaksaan dan Polres untuk menggelar tindak pidana perkara. Untuk itu kami menegaskan Kejari Bener Meriah siap mendukung dan berkolaborasi,”tuturnya.

Ketua Panwaslih Bener Meriah, Yusrin dalam arahanya menerangkan, agenda pemilu 2024 sudah dimulai sejak 1 Agustus 2022 yang lalu, yaitu tahapan pendaftaran Partai Politik dan sudah dilakukan verifikasi administrasi, insya allah sesuai jadwal tahapan factual mulai tanggal 14 – 4 November 2022 yang dilakukan oleh KIP.

Sedangkan kita, kata Yusrin, sesuai dengan kesepakatan bersama akan melakukan verifikasi faktual pada 17 Oktober 2022. Sebab  agenda besar telah kita mulai otomatis pelanggaran akan terjadi, apakah itu pelanggaran administrasi , atau pelanggaran pidana.

Justru itu, Sentra Gakkumdu yang terdiri dari unsur Panwaslih, Kepolisian, dan Kejaksaan akan menangani pelanggaran-pelanggaran yang terjadi nantinya.

“Mudah-mudahan kedepan komunikasi dan koordinasi antara Panwaslih, Polri, dan Kejaksaan semakin solid,”harap Yusrin.

Ia juga menambahkan, pihaknya akan terus mengupayakan adanya sekretariat khusus untuk Sentra Gakkumdu sehingga kita lebih fokus dalam menangani persoalan nantinya,Pungkas Yusrin.(hamdani/ken)