Peluncuran Reformasi Birokrasi Tematik Penanggulangan Kemiskinan

Jumat, 21 Oktober 2022

 


Bener Meriah | Bandar Meriah News -Penjabat (Pj) Bupati Bener Meria Drs. Haili Yoga, M.Si mengahdiri dan mengikuti Talkshow  serta penandatangani Peluncuran Program Reformasi Birokrasi (RB) Tematik Penanggulangan Kemiskinan oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Abdullah Azwar Anas, yang didesain untuk memperkuat tata kelola birokrasi guna mengakselerasi pengentasan kemiskinan, di Kampus Universitas Gadjah Mada (UGM), Yogyakarta, Jumat (21/10/2022).

Pj. Bupati Drs. Haili Yoga, M.Si dalam keterangannya melalui pesan singkat whatsapp menyampaikan, seperti yang disampaikan oleh MenpanRB RI Abdullah Azwar Anas dalam pidato pembukaannya mengatakan, pengentasan kemiskinan adalah program prioritas Presiden Jokowi. Oleh sebab Itulah kenapa Menpan RB meluncurkan  Tematik Kemiskinan, gunanya adalah untuk memperkuat tata kelola birokrasi.

Jadi bukan pada program kemiskinannya, karena kalau bicara program tentu tergantung karakteristik daerah, kata Drs. Haili Yoga, M.Si mengutip pernyataan Menpan RB.

Lebih lanjut diungkapkan oleh Pj. Bupati Bener Meriah, menurut MepanRB dalam amanatnya menegaskan,  reformasi birokrasi tematik ini framework yang digunakan untuk mengurai dan menyelesaikan berbagai masalah (bottleneck) tata kelola. Pada akhirnya nanti  reformasi birokrasi itu bisa berdampak dan dirasakan masyarakat, bukan hanya soal prosedural administratif.  

“Intinya, dengan diterapkannya Reformasi Birokrasi  Tematik Penanggulangan Kemiskinan ini, khususnya di Kabupaten Bener Meriah, ini merupakan salah satu upaya dari permerintah baik pusat maupun daerah dalam mengakselerasi penurunan angka kemiskinan utamanya didaera kita Bener Meriah,” tegas Drs. Haili Yoga, M.Si.

Melalu pesan whatsappnya, Pj. Bupati Bener Meriah Drs. Haili Yoga, M.Si juga menyampaikan, Kabupaten Bener Meriah termasuk salah satu daerah yang akan menjadi pilot project penerapan Reformasi Birokrasi  Tematik Penanggulangan Kemiskinan pada tahap kedua ini bersama dengan 23 pemerintah daerah, 11 pemerntah  provinsi  yaitu, Pemerintah Provinsi Aceh, Gorontalo, Jawa Tengah, Kalimantan Barat, Lampung, Maluku, Nusa Tenggara Barat, Papua, Papua Barat, Sumatra Barat dan Pmerintah Provisni Sumatra Selatan.

Sedangkan untuk Pemerintah Kabupaten, selain Pemkab Bener Meriah juga ada 11 pemerintah kabupaten/kota  lainnya yang ikut menandatangani Komitmen Bersama Pelaksanaan Reformasi Birokrasi Tematik Penanggulangan Kemiskinan, yaitu Pemerintah Kabupaten Banyumas, Bone Bolang,  Jayawija, Kapuas Hulu, Lampung Selatan, Lombok Barat, Maluku Tengah, Musi Banyuasin, Teluk Wondama, Kota Pariaman dan Pemerintah Kota Surabaya, terang Drs. Haili Yoga, M.Si.

Acara Talkshow serta Penandatangani Peluncuran Program Reformasi Birokrasi (RB) Tematik Penanggulangan Kemiskinan juga dihadiri Gubernur D.I Yogyakarta Sri Sultan Hamengku Buwono X, Rektor UGM Prof. Ova Emilia, Dewan Guru Besar UGM, Majelis Wali Amanat UGM, Senat Akademik dan Dekan Fakultas UGM, dan para kepala daerah yang menjadi pilot project ppeluncuran program tersebut. (Diskominfo/hamdani/ken)