Perkuat Sinergi dengan Pemerintah Daerah, Menteri ATR/Kepala BPN Kunjungi Semarang dan Yogyakarta

Selasa, 27 September 2022

  




Semarang | Bandar Meriah  News -
 Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), Hadi Tjahjanto akan melakukan kunjungan kerja ke Provinsi Jawa Tengah, pada Rabu (28/09/2022). Setibanya di Kota Semarang, rencananya ia akan menghadiri Rapat Koordinasi Gugus Tugas Reforma Agraria (Rakor GTRA) Provinsi Jawa Tengah yang digelar di PO Hotel Semarang.

Rakor GTRA Provinsi Jawa Tengah kali ini mengusung tema "Sinergitas 4 Pilar: Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional, Pemerintah Daerah, Aparat Penegak Hukum, dan Kejaksaan dalam Penyelenggaraan Reforma Agraria di Provinsi Jawa Tengah”.

"Pak Menteri selalu menekankan koordinasi empat pilar dalam menyelesaikan Program Strategis Nasional (PSN) Kementerian ATR/BPN. Oleh sebab itu, Pak Menteri berharap dengan hadir pada Rakor GTRA ini dapat mempererat kerja sama dari salah satu pilar tersebut, yaitu pemerintah daerah,” terang Kepala Biro Hubungan Masyarakat Kementerian ATR/BPN, Yulia Jaya Nirmawati, pada Selasa (27/09/2022).

Dalam kegiatan Rakor GTRA Provinsi Jawa Tengah, Menteri ATR/Kepala BPN akan menyampaikan keynote speech dengan materi mengenai percepatan penyelesaian sengketa dan konflik agraria, serta pemberantasan mafia tanah dalam rangka Reforma Agraria untuk mewujudkan keadilan dan kesejahteraan masyarakat. 

"Tentunya materi ini masih sejalan dengan tugas GTRA itu sendiri, yaitu sebagai wadah koordinasi lintas sektor untuk mendukung percepatan pelaksanaan Program Strategis Nasional Reforma Agraria," lanjut Yulia Jaya Nirmawati.

Usai menghadiri rapat koordinasi GTRA di Semarang, Hadi Tjahjanto melanjutkan agendanya untuk bertemu Sri Sultan Hamengkubuwono X di Pendopo Gubernur, Daerah Istimewa (D.I.) Yogyakarta. Pertemuan ini dilakukan sebagai bentuk penguatan kerja sama dengan pemerintah daerah (Pemda) untuk menyukseskan program strategis Kementerian ATR/BPN di Yogyakarta.

“Kolaborasi adalah kunci. Maka hubungan dengan Pemda harus terus dibangun, karena pada dasarnya kita membutuhkan peran Pemda dalam percepatan PSN seperti PTSL dan lainnya,” tutur Yulia Jaya Nirmawati.

Keesokan harinya pada Kamis (29/09/2022), Hadi Tjahjanto akan menghadiri Sidang Senat Terbuka dalam rangka Upacara Wisuda Sekolah Tinggi Pertanahan Nasional (STPN) Tahun Akademik 2021/2022. Wisuda akan berlangsung di Pendopo Sasana Widya Bhumi STPN, Jalan Tata Bhumi No. 5, Yogyakarta. Pada kesempatan ini, ia akan memberikan amanat serta motivasi kepada para wisudawan yang akan segera menghadapi dunia kerja. (Kementerian ATRBPN/amir torong/irwan)