Peran ID FOOD Perkuat Ekosistem Produksi Pangan Susu Sapi Dalam Negeri

Minggu, 04 September 2022

 


Jakarta | Bandar Meriah  News - Dalam rangka mendukung Pemerintah melalui Kementerian BUMN untuk memperkuat ekosistem pangan susu sapi dalam negeri, BUMN Pangan ID FOOD turut berkontribusi dalam upaya perbaikan hulu pangan komoditas susu melalui keterlibatan pada rantai pasok makanan berupa penyediaan bahan pakan sapi perah seperti jagung yang merupakan komponen terbesar produksi pakan ternak dan diharapkan dapat membantu meningkatkan kualitas produksi susu yang dihasilkan. 

“Jagung untuk pakan ternak sapi yang disediakan akan dihasilkan dari hasil kemitraan dengan petani yang tergabung dalam Program Makmur yang sekaligus memberikan kepastian penyerapan bagi para Mitra petani ID FOOD dan tentu saja meningkatkan kesejahteraan petani mitra ID FOOD,”Jelas Frans Marganda Tambunan Direktur Utama Holding Pangan ID FOOD.

Menurutnya, hal ini sejalan dengan arahan Menteri BUMN Erick Thohir 

yang mendorong keterlibatan perusahaan - perusahaan BUMN untuk memberikan dukungan dalam memperkuat ekosistem pangan susu dalam negeri, baik melalui kerja sama lahan, keterlibatan dalam rantai pasok makanan, pendampingan serta pembiayaan bagi UMKM. 

Frans melanjutkan setelah Holding pangan ID FOOD terbentuk awal tahun 2022 ini, sesuai misi kami akan memperkuat produksi produk pangan dan penunjangnya, salah satunya di sektor peternakan yang dikolaborasikan pihak swasta industri susu dan sinergi BUMN PTPN Holding. Salah satunya, kerja sama untuk mendukung Pemerintah dalam perkuat ekosistem pangan susu dalam negeri. 

Adapun, lanjut Frans, BUMN hingga private sektor Pelaku Usaha produsen susu saling bersinergi dan memiliki peran guna mendukung Pemerintah dalam perkuat ekosistem pangan susu dalam negeri diantaranya PTPN Holding melalui anak usahanya yaitu PTPN VIII berperan dalam menyediakan lahan ternak, sedangkan BUMN ID FOOD Group berperan memasok pakan ternak ke peternakan sapi perah yang didirikan sebagai pelaksanaan Kerjasama, Sementara peran HVA International B.V akan menjadi penghimpun investasi sekaligus operator dalam pengembangan peternakan sapi perah. Untuk menampung hasil produksi, Frisian Flag Indonesia sebagai salah satu perusahaan turunan dari FrieslandCampina akan menjadi off-taker.

Penandatangan Kerja Sama antara BUMN Holding Pangan ID FOOD, PTPN Holding, FrieslandCampina dan HVA International B.V disaksikan secara langsung oleh Menteri BUMN Erick Thohir, 2 September 2022 di Belanda. 

Menteri Erick mengatakan dengan adanya kerja sama tersebut, diharapkan akan meningkatkan populasi sapi perah dan produksi susu segar dalam negeri. “Kami akan memastikan bahwa kerja sama ini juga membawa multiplier effects untuk perekonomian masyarakat, khususnya ekosistem produksi susu sapi dalam negeri,” terang Menteri Erick.(rel/irwan torong)