Janses Simbolon Minta Kadis Kesehatan Kota Medan Supaya Berani dan Tegas Lakukan Reformasi Pelayanan RS Pirngadi Medan Serta Puskesmas

Selasa, 13 September 2022

 


Medan | Bandar Meriah News 
-Anggota Komisi II DPRD Medan Janses Simbolon mendesak Kepala Dinas Kesehatan Kota Medan dr Taufiq Ririansyah supaya berani dan memiliki sikap tegas melakukan reformasi total pelayanan kesehatan di Rumah Sakit (RS) Pirngadi Medan dan Puskesmas.

“Kita minta Kepala Dinas supaya mampu melakukan pembenahan dan memiliki ketegasan menindak bawahan yang kinerjanya buruk dan melanggar disiplin kerja. Terbukti, banyak warga yang berobat ke RS Pirngadi dan Puskesmas selalu kecewa karena mendapat pelayanan buruk,” ujar Janses Simbolon saat rapat pembahasan P APBD 2023 di gedung dewan, Selasa (13/09/2023).

“Pelayanan RS Pirngadi itu sangat buruk. Kalau berobat ke sana, kesannya pulang jadi mayat karena pelayanan sangat buruk. Itu yang harus dirobah,” tandas Janses dengan rasa kecewa dihadapan Kepala Dinas Kesehatan dr Taufiq Ririansyah dan Direktur RS Pirngadi Medan dr Syamsul Arifin Nasution.

Tudingan Janses Simbolom asal politisi Hanura itu cukup beralasan. Karena selain dari menerima keluhan warga, baru baru ini juga Janses mengalami hal buruk saat mengantar konstituennya berobat ke RS Pirngadi.

Saat itu terang Janses, petugas tenaga medis melakukan pembiaran pasien karena menunggu jaminan biaya. “Memang saat itu, pasien tidak ditanggung BPJS Kesehatan karena luka bacok. Kita sangat kecewa dengan pelayanan tenaga medis karena mengutamakan uang di depan, ” ketus Janses.

Untuk itu harap Janses, Kepala Dinas Kesehatan supaya berani membersihkan oknum yang tidak berkenan memberikan pelayanan kesehatan prima. Begitu juga bagi ASN yang melanggar disiplin agar ditindak tegas.

Pada kesempatan itu, Janses Simbolon mendorong Kepala Dinas Kesehatan agar melakukan perubahan peningkatan pelayanan kesehatan di RS Pirngadi dan Puskesmas. “Apalagi di RS Medan Labuhan yang akan segera beroperasi supaya dapat memberikan pelayanan yang lebih baik lagi,” harap Janses.

Menanggapi sorotan anggota dewan, Kepala Dinas Kesehatan Kota Medan dr Taufiq Ririansyah didampingi Direktur RS Medan Labuhan dr Irlian Saputra dan Direktur RS Pirngadi Medan dr Samsul mengatakan akan melakukan pembinaan kepada seluruh tenaga medis. Dalam upaya peningkatan pelayanan kesehatan di RS dan Puskesmaa, saat ini sedang dibudayakan 3 S (Sennyum, Sapa dan Sentuh). (fit)