Terima Penghargaan Satyalencana Wira Karya dari Presiden, TP PKK Deli Serdang Gelar Syukuran

Kamis, 07 Juli 2022


Deli Serdang | Bandar Meriah News-
Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan  Keluarga (TP PKK) Kabupaten Deli Serdang, menggelar syukuran atas Penghargaan Satyalencana Wira Karya (SWK) Program Bangga Kencana yang diberikan langsung oleh Presiden Republik Indonesia, Ir H Joko Widodo, pada puncak Peringatan Harganas Ke-29 di Kota Medan, di Budaya Resto, Kecamatan Tanjung Morawa, Kamis (07/07/2022).

Ketua TP PKK Deli Serdang Ny Hj Yunita Ashari Tambunan dalam sambutannya mengatakan, sebenarnya banyak program yang sudah dibuat. Namun, program-program tersebut harus tertunda karena munculnya Covid-19.

"Program PKK juga tertunda. Namun saya tetap ada komunikasi dengan Dinas Pendidikan waktu itu, satu kecamatan satu wadah anak berkebutuhan khusus. Jadi tidak usah ditutup-tutupi, samakan dengan anak yang normal. Cuma memang terkendala selama dua tahun. Cuma sudah ada patrunnya tinggal terbentuk. Jadi sekarang, kita terus berkomunikasi, dengan ibu-ibu camat. Karena ini tanggungjawab kita bersama. Dan, Alhamdulillah, semua ini terlaksana. Maka terjadilah gerak-gerakan PKK," kata Ny Yunita Ashari Tambunan. 

Atas prestasi yang sudah diraih ini, Ny Yunita memberikan apresiasi kepada Ketua TP PKK Desa dan Kecamatan yang telah mendukung program-program selama ini. 

Dan, Ketua TP PKK Deli Serdang yang notabene merupakan istri Bupati Deli Serdang, H Ashari Tambunan ini meminta agar semua pengurus dan anggota TP PKK, baik desa, kecamatan maupun kabupaten, jangan lantas berpuas diri atas prestasi yang sudah diraih.

"Mudah-mudahan pekerjaan kita tidak berhenti sampai di sini, ini tetap dilanjutkan. Jangan karena merasa sudah menang, mendapat penghargaan ini, terus berhenti. Jangan. Karena ini semua untuk masyarakat," tegas Ny Yunita. 

Sementara itu, Wakil Bupati (Wabup) Deli Serdang, HM Ali Yusuf Siregar selaku Ketua Tim Percepatan Penurunan Stunting Kabupaten Deli Serdang, menyampaikan  Penghargaan Satyalancana Wirakarya (SWK) yang diberikan langsung Presiden Republik Indonesia, Ir H Joko Widodo pada puncak Peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke-29 di Lapangan Merdeka Medan, bisa terus memotivasi untuk meraih penghargaan-penghargaan lain ke depannya. 

"Mudah-mudah penghargaan ini bukan hanya kali ini saja, tetapi bisa bertambah lagi. Penghargaan ini menunjukan Kabupaten Deli Serdang merupakan kabupaten terbaik di Provinsi Sumatera utara. Deli Serdang adalah kabupaten yang luar biasa, terbukti dari penghargaan yang baru diberikan oleh Presiden Republik Indonesia. Mudah-mudahan Kabupaten Deli Serdang lebih maju lagi sampai tidak ada Kabupaten lain yang mengimbangi Kabupaten Deli Serdang," kata Wabup.

Sementara, Wahida Paheng, Direktur Advokasi dan Penggunaan Kelembagaan BKKBN sekaligus Ketua TIM Penghargaan baik  Satyalancana Wirakarya (SWK) dan Manggala Karya Kencana (MKK), mengatakan untuk mendapatkan dari Presiden tentu tidak semudah membalikkan telapak tangan. 

Dijelaskannya, dari sekian usulan kepada Sekertariat Militer Presiden, ada nama Ny Hj Yunita Ashari Tambunan.

"Sedikit gambaran pada saat verifikasi lapangan bersama dengan Sekretariat Militer, dengan pengusulan berbagai tingkatan yang pertama dengan diusulkannya Ibu Bupati (Ny Hj Yunita Ashari Tambunan) sebagai penerima, tentu ada satu syarat internal BKKBN. Sudah dua tahun menerima Manggala Karya Kencana (MKK) yang diberikan BKKBN dan beberapa syarat dari tim penilai," jelasnya. 

Program angka stunting, terangnya, merupakan satu program nasional yang harus menjadi kerja bersama.

Direktur Advokasi dan Penggunaan Kelembagaan BKKBN juga memberi apresiasi kepada Bupati Deli Serdang, H Ashari Tambunan, selaku Pembina, Wakil Bupati selaku Ketua Tim Percepatan Penurunan Stunting serta para kader di daerah yang selama ini telah mengimplementasikan atau yang terjun langsung ke lapangan.

Hadir pada kesempatan tersebut, Bupati Deli Serdang H Ashari Tambunan, Ketua TP PKK Deli Serdang Ny Hj Yunita Ashari Tambunan, Wakil Ketua TP PKK Deli Serdang Ny Hj Sri Pepeni Yusuf Siregar, Ketua Darma Wanita Persatuan, para staf ahli, asisten, pimpinan OPD serta para camat se-Kabupaten Deli Serdang.(raja)