Dukungan STPN terhadap Transformasi Kementerian ATR/BPN dan Penyelesaian Masalah Pertanahan

Rabu, 27 Juli 2022

 



Yogyakarta | Bandar Meriah News - Dalam mewujudkan perubahan serta mempercepat pelaksanaan agenda prioritas, Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) didukung oleh dua transformasi besar. "Dalam mempercepat pelaksanaan tugas, saat ini kita terus meningkatkan pelaksanaan transformasi manajemen sumber daya manusia dan transformasi digital yang dimulai dari sistem pelayanan publik," tutur Menteri ATR/Kepala BPN saat memberikan pengarahan kepada civitas akademi STPN, Jumat (27/07/2022).

Adapun agenda prioritas yang dimaksud, Menteri ATR/Kepala BPN mengungkapkan di antaranya percepatan pendaftaran tanah melalui program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL), penyelesaian sengketa dan konflik pertanahan dengan Reforma Agraria termasuk pemberantasan mafia tanah, serta dukungan untuk pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

Dalam menyelesaikan masalah pertanahan, menurut Hadi Tjahjanto dibutuhkan ilmu yang matang serta bekal yang kuat dalam hukum pertanahan. Dengan demikian, menurutnya di sin lah kontribusi Taruna/Taruni STPN untuk menyelesaikan masalah pertanahan secara keilmuan dan pemahaman yang kuat di bidang hukum pertanahan.

“Oleh karena itu, saya berharap kepada para Taruna dan Taruni STPN Yogyakarta untuk memiliki kemampuan di bidang keilmuan, profesional dalam tugas, dan memiliki loyalitas yang tinggi kepada Negara,” kata Hadi Tjahjanto. 

Kepada para Taruna dan Taruni STPN Yogyakarta, Hadi Tjahjanto berharap agar mereka mampu menjawab tantangan permasalahan tanah yang ada di Indonesia. "Saya rasa STPN juga bisa menjawab tantangan yang terjadi saat ini, ilmu yang didapatkan di STPN akan menjadi modal untuk kalian mengabdi di masyarakat," tuturnya.

Dalam kesempatan ini, Menteri ATR/Kepala BPN mengajak Taruna Taruni STPN untuk mendukung perubahan Kementerian ATR/BPN untuk menjadi semakin baik di masa mendatang. "Sumber daya manusia di Kementerian ATR/BPN harus berintegritas, bermutu dan bermartabat," pesannya. 

Turut mendampingi Pembina Ikatan Istri Karyawan dan Karyawati (IKAWATI) Kementerian ATR/BPN, Nanny Hadi Tjahjanto; Ketua STPN Yogyakarta, Senthot Sudirman; serta beberapa Pejabat Pimpinan Tinggi Madya dan Pratama di lingkungan Kementerian ATR/BPN. (KementerianATRBPN/irwan torong)