Gubsu Edy Rahmayadi Bersama Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI Marwan Dasopang, Kapoldasu Panca Putra Simajuntak, Ketua PPIH Amri Siregar Lepas Keberangkatan Kloter I Embarkasi Medan

Sabtu, 11 Juni 2022


Medan | Bandar Meriah News -
 Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi bersama Ketua PPIH Amri Siregar,Kapoldasu Irjen Panca Putra Simajuntak,Bupati Madina Muhammad Jafar Sukhairi Nasution   melepas keberangkatan Calon Jemaah Haji (Calhaj) Kelompok Terbang (Kloter) Pertama Embarkasi Medan, Sabtu (11/06/2022). Kloter pertama ini dijadwalkan terbang ke Tanah Suci, Sabtu (11/06/2022) malam, melalui Bandara Internasional Kualanamu.

Sumut mendapat kuota haji tahun ini sebanyak 3.777 orang dan ditambah 25 petugas haji (total 3.802), yang dibagi menjadi 10 kloter. Kloter pertama berasal  Kabupaten Mandailingnatal, Kabupaten Tapanuli Tengah, Kota Medan dan Kabupaten Serdangbedagai dengan jumlah 391 orang termasuk petugas.

"Pastikan bapak/ibu di sana ibadah, jangan sia-siakan karena belum tentu bapak/ibu akan dipanggil Allah lagi menjadi tamu-Nya di Tanah Suci," kata Edy Rahmayadi di Gedung Madinatul Hujjaj Asrama Haji Medan, Jalan Jendral Besar AH Nasution, Medan.

Edy Rahamyadi juga mengingatkan ini merupakan ibadah fisik, kesehatan salah satu kunci kelancaran di Tanah Suci. Oleh sebab itu dia meminta agar jemaah calon haji menjaga kesehatannya.

"Di sana lagi musim panas, ikuti arahan dari pendamping dan dokter, jangan disibukkan kegiatan-kegiatan yang tidak penting," tegas Edy Rahmayadi.

Sementara itu, Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI  Marwan Dasopang mendoakan agar jemaah calon haji kembali ke Sumut dalam keadaan sehat. "Tunaikam ibadah dengan sempurna di sana dan kembali ke Sumut dengan sehat walafiat," kata Marwan.

Selanjutnya  Ketua Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Medan Abdul Amri Siregar ke-10 Kloter akan diberangkatkan dalam dua gelombang. Gelombang pertama dari Kloter pertama hingga Kloter tujuh dan kemudian disusul gelombang kedua.

"Kloter pertama berangkat hari ini, kemudian besok disusul Kloter kedua dan selanjutnya hingga Kloter tujuh di tanggal 21 Juni," kata Amir.

Kapoldasu Irjen Panca Putra Simajuntak mengatakan 391 orang jemaah haji yang akan berangkat pada kloter I.Para jemaah yang diberangkatkan kali ini berasal dari pengiriman Kota Medan, Kab. Tapanuli Tengah dan Kab. Mandailing Natal.

“Tetap jaga kesehatan bapak dan ibu agar dapat menjalani ibadah haji dengan baik”, ujar Jenderal bintang dua tersebut.Saya doakan para jemaah haji yabg berangkat diberikan keselamatan hingga kepulangan juga diberikan keselamatan dan menjadi haji yang mabrur”, harap Panca Putra Simajuntak..

Hadir  Bupati Madina Muhammad Jafar Sukhairi Nasution, Kemenag Kabupaten/Kota , Pejabat Utama Poldasu, OPD Pemprov Sumut terkait dan Tokoh Agama. (nur/panji/fit)