Bobby Nasution Serahkan Paket Sembako dan Akan Sampaikan Aspirasi Serikat Buruh

Minggu, 01 Mei 2022


Medan | Bandar Meriah News - 
Pemko Medan menggelar Peringatan Hari Buruh Internasional atau May Day tahun 2022 di Halaman PT Karet Deli, Jalan Yos Sudarso Medan, Minggu (01/05/2022). Berbeda dari tahun-tahun sebelumnya peringatan May Day yang bertepatan menjelang perayaan Hari Raya Idul Fitri 1443 H ini diisi dengan Upacara dan pembagian paket sembako kepada serikat pekerja atau buruh.

Wali Kota Medan Bobby Nasution  memimpin upacara, didampingi Forkopimda Kapolresta Medan Kombes Pol Valentino Alfa Tatareda, Dandim 0201/Medan Kol Inf Ferry Muzawwad, Kapolres Belawan AKBP Faisal Rahmat, Kepala Kantor BPJS Ketenagakerjaan, Aang Supono dan segenap Pimpinan OPD diantaranya Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Muhammad Sofyan, Plt Kadisnaker Ridwan Sitanggang menyerahkan paket sembako kepada perwakilan serikat pekerja dan juga anak yatim piatu.

"May Day ini kita peringati sebagai wujud agar Pemko Medan dan para buruh bisa bergandengan tangan demi menjamin terciptanya iklim kerja dan berusaha yang kondusif di Kota Medan. Artinya sinergitas antara Pemko Medan dan Buruh dapat terus terjalin dengan baik," harap Bobby.

Ada tiga poin aspirasi yang disampaikan para buruh tadi dalam peringatan May Day kepada Pemko Medan. Tentunya aspirasi yang disampaikan tersebut akan kita suarakan ke Pemerintah Pusat karena ini menyangkut masyarakat Kota Medan, ujar Bobby.

Menurut Bobby Nasution bentuk sinergitas yang terlihat jelas adalah meskipun peringatan Hari Buruh Internasional ini jatuh sehari sebelum hari raya idul Fitri,  Pemko Medan tetap bersama para buruh memperingati May Day dengan melakukan sejumlah kegiatan seperti pembagian paket sembako. Bahkan dalam rangka peringatan May Day Pemko Medan telah melakukan program Mudik Gratis yang digelar salah satunya untuk pekerja buruh.

"Di momentum May Day yang bertepatan sehari sebelum Idul Fitri tentunya banyak buruh yang berkeinginan melakukan perjalanan mudik untuk bersilaturahmi dengan sanak keluarga. Saya mengucapkan selamat Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1443 H, Mohon maaf lahir batin, salam untuk keluarga dan selamat sampai dengan tujuan dan kembali lagi ke Kota Medan," kata Bobby Nasution sembari mengingatkan agar tetap menerapkan protokol kesehatan dengan ketat.

Sebelumnya Plt Kadisnaker Ridwan Sitanggang mengungkapkan bahwa peringatan Hari Buruh Internasional atau May Day tahun 2022 ini diisi dengan Upacara dan pembagian paket sembako untuk serikat pekerja dan anak yatim piatu.

"Peringatan May Day ini diikuti 400 orang Buruh yang berasal dari 14 serikat pekerja yang ada di Kota Medan. Dalam peringatan yang bertemakan ketupat may day 2022 dan sub tema meraih kemenangan dengan mengutamakan silaturahmi menuju industrial peace ini Pemko Medan bekerja sama dengan BPJS Ketenagakerjaan kita membagikan paket Sembako untuk buruh dan anak yatim-piatu," Jelasnya.

Sebelumnya mewakili Serikat Pekerja, Giming SH mengatakan  Statement Buruh mengucapkan terima kasih atas kehadiran Bapak Wali Kota Medan atas kehadirannya dalam peringatan May Day. Kami percaya Pak Wali Kota akan mensejahterakan pekerja buruh maupun rakyat kota Medan serta Pembangunan kota Medan.

"Di Hari May Day ini kami berharap pak Wali Kota Medan dapat menyampaikan aspirasi kami ke Pemerintah Pusat yakni mencabut dan membatalkan UU Cipta  Kerja karena merugikan buruh. Bawa Amandemen UU Peraturan Pembuatan Perundang-undangan Nomor 12 tahun 2011 serta Cabut segera Peraturan Pemerintah nomor 35, nomor 36 dan nomor 37," harapnya.(safrizal)