Jalan Nasional Ruas Karo Dairi Kupak-Kapik, Anwar Sani Minta Pemerintah Pusat Segera Perbaiki

Jumat, 25 Februari 2022


DAIRI - Terkait rusaknya infrastruktur jalan nasional, penghubung Provinsi Sumut dan Kawasan Pantai Barat Aceh khususnya ruas Jalan Kabupaten Karo, Dairi dan Phakphak Barat, anggota DPRD Provinsi Sumatera Utara, Anwar Sani Tarigan, mendorong pemerintah pusat, dalam hal ini Kementerian PUPR, untuk segera melakukan perbaikan Jalan tersebut, karena merupakan jalur tranportasi penting untuk arus barang baik dari Aceh maupun Sumut.

"Ruas Medan ke Karo sudah dalam pengerjaan, namun untuk ruas Kabupaten Karo ke Dairi sampai hari ini belum ada tanda-tanda pengerjaannya. Untuk itu kita mendorong pemerintah pusat untuk segera melakukan perbaikan, mengingat sebentar lagi kita juga akan menghadapi momen hari besar yaitu Ramadhan dan Idul Fitri," ujar Anwar Sani Tarigan saat melakukan kunjungan ke Kabupaten Dairi bersama Ketua DPD PDI Perjuangan Sumut Rapidin Simbolon pada Kamis (24/2/2022).

Masyarakat Dairi, kata Anwar Sani, sangat menginginkan ada perbaikan Jalan tersebut mengingat seluruh hasil bumi masyarakat Dairi di distribusikan keluar daerah terutama kota Medan melalui jalan tersebut.

"Saat ini, dengan rusaknya jalan tersebut, membuat waktu yang dibutuhkan untuk mengangkut hasil Bumi masyarakat Dairi ke kota-kota lainnya di Sumatera Utara membutuhkan waktu yang lama. Dan seringkali terjadi insiden di jalan karena rusaknya jalan tersebut," ungkap Anwar Sani.

Apalagi kata Anwar Sani, jalur itu menjadi jalur penting bagi akselerasi Pergerakan barang dan orang dari kawasan Pantai Barat Aceh,

"Jalur ini sangat penting, di mana kawasan Pantai Barat Aceh seperti Aceh SIngkil, Kota Subulusalam, Aceh Selatan, Aceh Barat Daya dan Aceh Barat sangat tergantung dengan jalur ini, baik untuk mobilitas barang maupun orang," papar Anwar Sani.

Untuk itu, imbuh Anwar Sani, seharusnya Pemerintah pusat juga harus memandang penting jalur Karo-Dairi.

"Jika ingin mendorong kemajuan Kabupaten Dairi dan Phakpak Barat juga Samosir, maka Ruas Jalan Karo Dairi harus segera dilakukan mengingat kemajuan daerah tersebut sangat d pengaruhi oleh kualitas Infrastruktur yang baik," katanya lagi. (red)