Pemkab Dairi Tutup Program Inkubasi Bisnis

Kamis, 09 Desember 2021

  


Sidikalang | Bandar Meriah  News -Program inkubasi bisnis UMKM di Kabupaten Dairi kerjasama Pemerintah Kabupaten Dairi bersama PT. Bank Mestika Dharma, Tbk dan Estubizi Network yang terlaksana sekitar tiga bulan lamanya akhirnya berhasil dirampungkan oleh para peserta,Kamis (09/12/2021).

Secara resmi oleh Bupati Dairi Eddy Keleng Ate Berutu menutup program tersebut yang diwakili oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan Charles Bancin.

Melalui Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Bupati Eddy Berutu menyampaikan ucapan terimakasih kepada Bank Mestika khususnya kepada Bapak Ahchmad Kartasasmita serta Estubizi Network yang bersedia menopang dan mensponsori usaha Pemerintah Kabupaten Dairi dalam memperkokoh kewirausahaan UKM dan pelaku UMKM di Kabupaten Dairi.

“Terimakasih untuk Ruslan Naba dan seluruh mentor dan tim Eztubisi Network yang bersedia mendukung kolaborasi ini. Program inkbubasi ini bertujuan untuk mempersiapkan UKM Dairi agar memiliki kapasitas dan kapabilitas sebagai enterpreneur yang tangguh”,kata Bancin

Dengan berakhirnya pelatihan ini, Bupati Eddy Berutu berharap pelaku usaha dapat menjalankan usahanya dengan baik, terutama mengarungi masa sulit di tengah Covid-19 yang saat ini masih terjadi. Dan diharapkan dengan pelatihan intensif yang didapatkan pelaku usaha dapat survive dan bahkan semakin berkembang ditengah tantangan dan tekanan yang terjadi akibat Pandemi Covid-19.

“Saya juga berharap melalui program ini, UMKM di Kabupaten Dairi akan mampu untuk memanfaatkan teknologi digital dalam memasarkan produknya”, katanya

Program inkubasi bisnis ini sendiri diikuti oleh 30 UMKM Kabupaten Dairi yang terdiri atas perorangan, koperasi, Bumdes, yang bergerak pada berbagai sektor seperti pertanian, pengolahan kopi, peternakan, kerajinan serta kuliner.

Dari program tersebut, terdapat 5 pemenang pelaku usaha terbaik selama mengikuti pelatihan, yakni Rumah Mode Tabitha; Sidikalang Poda Agro; Linggom Coffee; Deo Jaya Durian; Ringgo Bandrek.

Sedangkan pelaku usaha yang inspiratif dan berdampak, yakni Yellow Klinik; D’Tar Cake; Ones Hotel.

Untuk pelaku usaha bangkit dan bertumbuh, yakni Tenun Katarina Songket; Naro Coffee; Kopi Sukses Tani.

Untuk pelaku usaha kreatif dan inovatif, yakni Perbunga Rintua; Risma Kebaya; Kelompok Pengrajin Tenun Marsihaholongan.

Diketahui sebelumnya Pemerintah Kabupaten Dairi dan PT. Bank Mestika Dharma Tbk menggelar kegiatan Inkubasi Bisnis UKM berupa pendampingan dan beasiswa pelatihan kepada para pelaku UKM di Kabupaten Dairi yang dimulai sejak Senin (30/8/2021) lalu.

Guna membantu keberhasilan program ini, PT. Bank Mestika telah menunjuk Estubizi Network sebagai pendamping dan pelatih kepada 30 Pelaku UKM di Dairi yang mendapatkan beasiswa. Pendampingan ini dilakukan selama 3 (tiga) bulan, dengan modul-modul menarik yakni dasar-dasar entrepreneurship, pengembangan produk, pemasaran/ penjualan, dasar-dasar keuangan dan perpajakan, kemasan dan membangun brand serta SDM dan operasional.(KBS.O5/fit)