Sering Terdampak Banjir Rob Warga Minta Pemko Segera Normalisasi Sungai Bederah

Senin, 22 November 2021

  




Medan | Bandar Meriah News -Warga Jalan Kapten Rahmadbuddin, Perumahan KPUM, Kelurahan Terjun, Kecamatan Medan Marelan mengeluhkan kawasan kediaman mereka sering kebanjiran akibat terdampak banjir rob maupun karena intensitas hujan yang cukup tinggi belakangan ini.

Oleh karena itu, warga setempat minta kepada Pemko Medan agar segera melakukan normalisasi Sungai Bederah guna meminimalisir banjir rob maupun saat curah hujan tinggi tiba.

"Kami minta Walikota Medan cq Pemko Medan agar menormalisasi Sungai Bederah. Kalau Sungai Bederah itu dinormalisasi, kawasan kediaman warga tidak bakalan kebanjiran," minta Ibnu, warga Perumahan KPUM, Kelurahan Terjun, Kecamatan Medan Marelan, Senin (22/11/2021).

Menurut Ibnu, pegawai yang bekerja di Polrestabes Kota Medan ini, dulu Sungai Bederah itu pernah dinormalisasi tahun 2005. Saat itu, bila banjir rob tiba maupun hujan deras, air tidak sampai membanjiri rumah warga sekitar.

"Setelah tahun 2005, sudah tidak pernah lagi normalisasi, Sungai Bederah jadi dangkal. Jadi kalau banjir rob tiba dan intensitas hujan tinggi, kebanjiran lah rumah-rumah warga," keluhnya sembari menambahkan beberapa hari lalu kawasan rumah warga kembali kebanjiran setinggi lutut orang dewasa karena hujan deras di malam hari. "Minta tolong pak Walikota lakukan normalisasi agar rumah warga tidak kebanjiran lagi. Apalagi saat ini masuk musim penghujan," pintanya.

Terpisah anggota Komisi IV DPRD Medan Renville Napitupulu mendesak agar Pemko Medan segera mengatasi masalah banjir termasuk di Medan Utara agar lekas terselesaikan.

"Walikota Medan dengan semangat-semangatnya dan kita dukung untuk berusaha mengatasi masalah banjir termasuk di kawasan Medan Utara agar cepat terselesaikan. Memang benar, bukan hanya kita berharap dari tanggul saja, itu proyek lama dari kementerian. Pelaksanaan normalisasi ini memang harus dikejar, agar masyarakat tidak terus menjadi korban banjir saat banjir rob tiba maupun saat intensitas hujan tinggi seperti belakangan ini," tegas Renville yang juga Ketua DPD PSI Kota Medan ini.(fit)