Juru Bicara Satgas Covid 19 Deli Serdang : Kita Masuk Zona Kuning Berdasarkan Data PPKM Mikro

Selasa, 11 Mei 2021

  Kabupaten Deli Serdang Masuk Zona Kuning, Berdasarkan Data PPKM Mikro.



Deli Serdang | Bandar Meriah News
 - Satuan tugas percepatan penanganan Covid 19 Kabupaten Deli Serdang melakukan konfrensi pers, bertempat di Aula Cendana lantai I Kantor Bupati Deli Serdang, Selasa (11/05/2021).

Hadir  Dandim 0204/DS Letkol Kav. Jackie yudhantara, Kapolresta Kombes Pol Yemi Mandagi, Asisten I Drs.Citra Effendi Capah,Kadis Kesehatan dr. Ade Budi Krista, Kadis Kominfo Dr. Dra. Miska Gewasari, Dirut RSUD Deli Serdang dr. Hanif Fahri, Kepala BPBD Drs. Zainal Abidin Hutagalung dan Kabag Prokopim Setdakab M Ari Mulyawan.

Menurut Juru Bicara Satgas Covid- 19 Kabupaten Deli Serdang , dr.Ade Budi Krista menjelaskan berdasarkan data PPKM Mikro di Kabupaten Deli Serdang Periode 3 Mei s/d 9 Mei 2021, bahwa terdapat zona hijau yang terdiri dari 283 desa/kelurahan di 22 kecamatan, maka dua kecamatan yang dinyatakan zona hijau yaitu Gunung Meriah dan STM Hulu.  Sedangkan, zona kuning terdapat di 111 desa/kelurahan tersebar di 20 kecamatan. Sedangkan orange dan merah tidak ada desa atau kelurahan terpapar.

“Maka dengan demikian berdasarkan PPKM Mikro Kabupaten Deliserdang masuk ke zona kuning”. Kata dr. Ade Budi Krista.

"Berdasarkan data  Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Deliserdang sampai dengan tanggal 10 Mei 2021 kasus konfirmasi positif berjumlah 5.427 kasus. Untuk tahun 2021 sejak bulan Januari bertambah sebanyak 3.042 kasus. Artinya dalam waktu lima bulan di tahun 2021 sudah banyak kasus dibandingkan kasus sebelumnya," ucap Kadis Kesehatan Deliserdang dr Ade Budi Krista.

Lanjut dr Ade, kasus meninggal konfirmasi positif berjumlah 301 jumlah kasus kematian. Untuk tahun 2021 sejak januari bertambah 159 kasus.Kasus aktif yaitu kasus konfirmasi sedang dirawat berbagai rumah sakit maupun isolasi mandiri berjumlah 457 orang dan berpotensi meningkat karena belum termasuk kontak erat baik yang sudah di tracing maupun belum. Sementara itu, angka kesembuhan berjumlah 4.669 orang, untuk tahun 2021 sejak Januari berjumlah 2.426 orang.

Berdasarkan data Sistem Rumah Sakit (SIRS) online, pada 10 Mei 2021 terdapat rumah sakit dari 22 rumah sakit di Deliserdang yang menyediakan ruang isolasi Covid-19 dengan 359 tempat tidur, dan 72 ICU Covid dengan jumlah pasien yang dirawat 344 orang. "Pemerintah Kabupaten Deliserdang telah menyiapkan rumah sakit lapangan di Candika - Lubuk Pakam dengan jumlah 100 tempat tidur dan sudah beroperasi sejak 10 Mei 2021," ujar dr Ade.

Pemerintah Kabupaten Deli Serdang menghimbau kepada masyarakat untuk tidak melakukan mudik pada Idul Fitri 1442 H, tidak melaksanakan pawai takbiran/konvoi di jalanan, tidak melaksanakan sholat Idul Fitri atau membatasi jumlah jema’ah pada pelaksanaan sholat Ied, tidak melakukan open house, dianjurkan cukup keluarga inti saja, tetap disiplin dalam penerapan protokol keseahatan 5 M.

Selanjutnya seluruh anggota Satgas agar memaksimalkan fungsi pemberlakuan pembatatasan kegiatan masyarakat (PPKM) mikro terutama di Desa/Kelurahan Zona kuning dan bagi masyarakat yang mempunyai gejala demam, batuk/pilek, sakit tenggorokan, sesal nafas, badan pegal-pegal, mencret (diare) dan ada riwayat kontak dengan orang yang konfirmasi positif covid, agar jujur melaporkan kondisinya kepada petugas kesehatan terdekat.

Wakil Bupati Deli Serdang HM Ali Yusuf Siregar mengatakan memang sangat sulit menyadarkan masyarakat untuk disiplin menerapkan Prokes yang telah dihimbau pemerintah . Namun dengan tidak henti-hentinya Pemkab Deli Serdang bersama TNI-Polri dan semua elemen untuk terus menghimbau kepada masyarakat agar mendisiplinkan diri dengan menerapkan prokes yang dianjurkan Pemerintah.

Wabup berharap kepada semua yang hadir, semoga kita  kita dalam keadaan sehat dan bersama-sama tetap menjaga kondisi Deli Serdang untuk kedepannya lebih baik lagi.”Harap HM Ali Yusuf Siregar.(raja s dachi)