Cegah Covid19 Pertamina EP Siapkan Standar Operasional Bagi Seluruh Karyawan

Selasa, 25 Mei 2021

Pangkalan Kerinci| Bandar Meriah News - PT Pertamina EP (PEP) Lirik Field, Distrik II Kabupaten Pelalawan sebagai perusahaan yang bergerak di industri minyak dan gas, turut berperan dalam memutus mata rantai penyebaran virus COVID-19. 

Field Manager Pertamina Lirik & Kampar, Kurniawan Triyo Widodo mengatakan bahwa berkaitan dengan penanganan pandemi COVID-19 di lingkungan kerja, PEP Lirik Field memastikan kepatuhan akan prosedur pencegahan dan penularan COVID-19.

"Untuk pencegahan ini kita tidak mau main-main dan untuk penerapan dimulai dari level manajemen hingga pekerja lapangan, semua di ingatkan akan ketentuan prokes," ujarnya. 

Selain itu,PEP Lirik Field konsisten menerapkan protokol kesehatan dalam setiap pelaksanaan operasi di lapangan, tidak terkecuali SOP tentang penanggulangan keadaan darurat, seperti penanganan pekerja yang mengalami gejala positif COVID-19, maupun yang terbukti positif COVID-19

"Kita tetap melakukan kerjasama dengan satgas COVID-19 di setiap kabupaten/wilayah kerja dan rumah sakit rujukan menjadi poin utama yang diterapkan," terangnya 

Di samping itu, himbauan isolasi mandiri dan penyediaan rumah isolasi mandiri tetap disiapkan sesuai dengan panduan aturan yang berlaku. 

"Seperti yang sudah berjalan di area distrik 1 (Kabupaten Indragiri Hulu) dengan menyediakan 2 (dua) rumah isolasi mandiri untuk mengakomodasi pekerja maupun pekarya yang berada di PEP Lirik Field,” katanya. 

Kemudian sebagai bentuk antisipasi dini di PEP Lirik Field semua pekerja intrrnal dan ekternal juga harus mengisi formulir presensi harian secara online, tanpa terkecuali.

"Ini untuk memastikan dan mengingatkan bahwa pandemi belum berakhir, agar mereka patuh terhadap protokol kesehatan COVID-19, dan memudahkan penelusuran kontak erat bila terjadi," tuturnya lagi.

Lalu  selain itu PEP Lirik Field juga telah memberikan dukungan kepada pihak eksternal, seperti bantuan masker non medis untuk masyarakat melalui Pemerintah Provinsi Riau.

"Untuk Riau bantuan peralatan medis dan bantuan sembako kita salurkan di Kabupaten Indragiri Hulu, Kabupaten Pelalawan serta Kabupaten Siak,”  ungkap Triyo mengakhiri. (ton)