WALIKOTA TEBING TINGGI SAMBUT PARA TARUNA PESERTA LATSITARDANUS TAHUN 2021

Rabu, 07 April 2021

Tebingtinggi | Bandar Meriah  News - Walikota Tebing Tinggi Ir. H. Umar Zunaidi Hasibuan, MM menyambut kedatangan Taruna Akmil, AAL, AAU, Akpol dan mahasiswa lokal peserta latihan Integrasi Taruna Wreda Nusantara (Latsitardanus) Ke XLI  Tahun 2021, di terima langsung di Gedung Akbid Pemko Tebing Tinggi Jl. G. Leuser (07/04/2021) sore. 

Walikota Tebing Tinggi Ir. H. Umar Zunaidi Hasibuan, MM bangga Sumut menjadi tuan rumah kerja nyata 701 Taruna Akademi Militer (Akmil), Akademi Angkatan Udara (AAU), Akademi Angkatan Laut (AAL) dan Akademi Kepolisian (Akpol), serta 100 mahasiswa lokal. Walikota berharap kegiatan ini memiliki dampak positif langsung kepada masyarakat di kota Tebing Tinggi. 

“Suatu kebanggaan bagi kita Latsitardanus 2021 diselenggarakan di Sumut, 39 taruna dan yang akan kerja nyata di kota Tebing Tinggi  selama dua minggu, mereka akan mengabdikan diri terjun ke masyarakat Kota Tebing Tinggi. Mudah-mudahan masyarakat kita mendapatkan dampak positif langsung dari kegiatan ini,” kata Walikota. 

Ada enam daerah yang akan menjadi Satlat peserta yaitu Medan, Binjai, Pematangsiantar, Tebing Tinggi, Deliserdang dan Simalungun. 701 taruna dan mahasiswa lokal akan kerja nyata di enam daerah tersebut dari tanggal 8-21 April 2021.

Walikota Tebing Tinggi Ir. H. Umar Zunaidi Hasibuan, MM meminta kepada peserta untuk mendorong jiwa cinta tanah air masyarakat yang berada di Satlat, serta membantu di Kota Tebing Tinggi terutama di kecamatan dan kelurahan agar lebih baik di masa pandemi Covid-19. “Selain kegiatan fisik seperti membangun menanam pohon, rumah dan lainnya, kita tentu berharap para peserta membantu kota Tebing Tinggi untuk pulih lebih cepat baik secara ekonomi maupun sosial yang sudah terdampak Covid-19,” tutur Walikota. 

Lebih lanjut Walikota mengenalkan bahwa di Akbid ada asrama untuk tempat tinggal, lapangan bola voli dan tenis meja, makan, untuk sholat dan ada posko kesehatan. "Kami tak menghendaki ada yang sakit, tapi kami menyiapkan dua Rumah Sakit, RS Bhayangkari dan RS Kumpulan Pane dan juga menyiapkan ruang Isolasi terhadap terpapar Covid-19" Ucap Walikota. 

"Mudah - mudahan acara Latsitardanus ini tetap kondusif, bersilaturahmi bersama masyarakat, bisa menjadi contoh dan panutan yang terbaik dan marilah kita bersinergitas antara masyarakat, TNI dan Polri demi memajukan bangsa kedepan" tutup Walikota. 

Sebelumnya, dalam sambutan singkat pimpinan rombongan Latsitardanus Satlat Elang untuk Tebing Tinggi AKP. Rahardian Bayu Tresna, menyampaikan terimakasih kepada Walikota Tebing Tinggi, Kapolres dan Dandim beserta seluruh jajaran atas diberinya waktu dan kesempatan selama kurang lebih dua minggu untuk berintegrasi ke masyarakat.

"Kami lebih ditekankan interaksi kepada masyarakat dan saling menjaga demi untuk keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dan memohon bimbingan dan arahan hingga acara Latsitardanus ini berjalan dengan  baik" Imbuhnya. 

Sementara Wakil Ketua I DPRD H. Muhammad Azwar, S.Si mewakili Ketua DPRD kota mengapresiasi kehadiran Taruna dan rombongan dan bersinergi bersama dengan masyarakat.

"Saya yakin, dua minggu TNI dan Polri bisa bersama masyarakat. Kami atas nama DPRD kota Tebing Tinggi menyambut kegiatan ini dengan baik, mudah - mudahan dua minggu ke depan acara ini akan sukses" harap Wakil Ketua I DPRD kota Tebing Tinggi. 

Hal serupa disampaikan Kapolres Tebing Tinggi AKBP. Agus Sugiyarso, S.IK atas kedatangan Taruna dan Mahasiswa Latsitardanus dan mengucapkan terimakasih kepada Walikota Tebing Tinggi atas persiapan yang sangat baik dalam menyambut Taruna dan mahasiswa Latsitardanus.

Selain menyampaikan situasi umum wilayah Tebing Tinggi, secara demografi maupun geografi dan kegiatan - kegiatan yang akan dilakukan para Taruna dan mahasiswa, Kapolres juga mengingatkan agar tidak membuat kesalahan dan menjaga nama baik institusi dan bermasyarakat berkomunikasi yang baik.

"Setiap langkah, setiap gerakan adik - adik, dilihat oleh masyarakat, jangan membuat malu dan kami Polres Tebing Tinggi siap mendukung setiap rangkaian kegiatan Latsitardanus, kami siap melakukan pengamanan dan pengawalan" tutup Kapolres.

Hadir  Kasdim Mayor Inf. Totok Riyanto, Kaban Kesbangpol Zubir Husni Harahap, Kadis Kesehatan dr. H. Nanang Fitra Aulia, Sp. PK, OPD, Camat Rambutan Marwansyah Harahap, Ketua Tagana Kota Imam Ansyori Nasution, tokoh agama serta tokoh masyarakat.(fit)