PAN DPRD KOta Medan Dorong Pemkot Medan Tingkatkan Bantuan Bagi UMKM

Rabu, 01 Februari 2023

  


 Medan | Bandar Meriah  News - Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN) DPRD Kota Medan mendorong Pemkot Medan terus meningkatkan bantuan anggaran kepada pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).

“Ini sangat perlu untuk mendukung UMKM agar mampu bersaing dalam hal kualitas produk dan pemasaran,” sebut anggota FPAN DPRD Kota Medan, Edi Saputra, Rabu (01/02/2023).

Dia mengaku, hal itu juga disampaikan FPAN dalam jawabannya atas pendapat kepala daerah terhadap Ranperda Perlindungan dan Pengembangan UMKM di Kota Medan dalam sidang paripurna, kemarin.

FPAN, kata Edi, memandang keberadaan Perda Perlindungan dan Pemberdayaan UMKM merupakan sebuah kebutuhan hukum yang urgen untuk segera di wujudkan bagi peningkatan daya saing UMKM saat ini.

Sebab, sebutnya, regulasi perdagangan bebas telah membuka “keran” masuknya ritel-ritel modern dari dalam dan luar negeri serta produk-produk dari luar Kota Medan, sehingga membuat semakin tingginya persaingan. “Bahkan, kondisi itu bisa membuat UMKM tergusur,” katanya.

Karena itu, sambung Edi, perlu intervensi kebijakan pemerintah dalam melindungi dan memberdayakan pelaku UMKM melalui kebijakan peraturan-peraturan yang dapat berfungsi sebagai sarana untuk merekayasa UMKM agar dapat bertahan dan bersaing.

“Melalui pelatihan, pendampingan, dukungan finansil serta pengadaan sarana dan prasarana pendukung sangat dibutuhkan untuk membuat UMKM Kota Medan bersaing dengan ritel-ritel modern dan produk-produk berasal dari luar Kota Medan,” terang Edi.

“Kiranya dalam pembahasan Ranperda nantinya dapat memuat jawaban dan kebijakan terkait dengan persoalan yang di hadapi pelaku UMKM serta solusi dan strategi agar UMKM dapat bersaing di pasar global,” harapnya.(fit)