Pemkab Sergai Salurkan Bantuan Korban Bencana Banjir

Sabtu, 06 November 2021

 


Sergai| Bandar Meriah  News -Upaya penanganan terhadap korban bencana banjir terus dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai (Pemkab Sergai). Salah satunya adalah dengan penyaluran bantuan langsung kepada masyarakat. 

Begitu juga pada hari ini, Sabtu (06/11/2021) bertempat di posko penanganan banjir di Sei Rampah, Bupati Sergai H Darma  Wijaya kembali menyalurkan bantuan berupa beras kepada 2.000 KK yang diserahkan secara simbolis dan diterima oleh Muspika Kecamatan Sei Rampah untuk kemudian disalurkan kepada korban bencana banjir.

" Ini adalah bukti nyata dan bentuk kepedulian bahwa pemerintah hadir di tengah-tengah masyarakat. Kami turut prihatin atas musibah ini. Semoga para korban bencana banjir musiman ini bersabar dalam menerima cobaan dan mudah-mudahan bencana banjir segera usai agar masyarakat dapat beraktivitas seperti biasa" ungkapnya.

Ia juga mewanti-wanti masyarakat untuk selalu waspada dalam menghadapi cuaca ekstrim yang akhir-akhir ini sering tidak menentu. Tak lupa juga Bupati mengimbau warga yang rumahnya masih terendam banjir, jika tidak memungkinkan tinggal di rumah, agar segera mengungsi ke posko-posko terdekat yang sudah disiapkan oleh Pemkab Sergai, ujarnya sembari menambahkan jika sejak awal banjir Pemkab terus bersinergi dengan unsur Forkopimda Sergai untuk membuat posko sekaligus memantau ketinggian air dan menurunkan perahu karet serta alat pertolongan lainya bagi warga korban banjir.

Kader PKK turut berpartisipasi

Diwaktu yang sama, Pemkab Sergai melalui Dinas Sosial bersama Kementrian Sosial melibatkan Kader PKK Kecamatan Tanjung Beringin, Kecamatan Sei Rampah dan Tagana membuka dapur umum untuk memasak makanan bagi korban banjir. 

Sebanyak 1.006 nasi bungkus untuk warga Pekan Tanjung Beringin, 2.104 bungkus untuk masyarakat Desa Sei Rampah, 162 bungkus untuk warga Desa Firdaus, 560 bungkus untuk Desa Cempedak Lobang, 450 bungkus Desa Sei Rejo, 350 bungkus dikirim ke Desa Pematang Ganjang, sehingga total keseluruhannya sebanyak 4.632 bungkus per hari yang disalurkan kepada orban banjir selama 5 hari.

" kami sangat mengapresiasi peran serta yang dilakukan oleh Kader PKK Sergai. Ini merupakan sinergitas yang baik bagi PKK selaku mitra pemerintah. Tetap kita eratkan dan tingkatkan lagi kekompakan, kebersamaan dalam menghadapi musibah ini," pungkas Bupati Sergai yang hadir didampingi Kepala BPBD, Camat Sei Rampah dan unsur terkait lainnya.(rian)