Wali Kota Medan Muhammad Bobby Afif Nasution Tinjau Pelaksanaan MTQ ke-54

Kamis, 18 Maret 2021

  

Medan | Bandar Meriah News  - Wali Kota Medan, Muhammad Bobby Afif Nasution SE, MM meninjau pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-54 Kota Medan, Kamis (18/03/2021) di Asrama Haji Medan.

Peninjauan ini dilakukan untuk memastikan perhelatan MTQ ini berjalan baik dan lancar serta tetap menerapkan protokol kesehatan.

Turut mendampingi Wali Kota dalam peninjauan ini antara lain Kapolrestabes Medan, Kombes. Riko Sunarko, Dandim 0201 BS, Letkol. Inf. Agus Setiandar, Plt Asisten Pemerintahan dan Sosial, Khairul Syahnan, dan Camat Medan Johor, Zulfachri Ahmadi.

Salah satu yang ditinjau Wali Kota adalah perlomban Cabang Hafalan Alquran 5 Juz Tilawah – 10 Juz yang digelar di Lantai IV Gedung Madinah Al Munawwarah tanpa mengganggu jalannya perlombaan, Wali Kota memasuki ruangan dengan langkah tenang. Penuh perhatian pula Wali Kota mendengarkan salah seorang peserta melantunkan ayat-ayat Alquran.

Saat itu Wali Kota tampak memberikan beberapa pengarahan kepada penyelenggara maupun Camat Medan Johor. Wali Kota ingin pelaksanaan MTQ tahun ini yang berbeda dengan pelaksanaan sebelumnya karena digelar dalam kondisi pandemi, tetap berjalan dengan baik dan tidak melanggar protokol kesehatan. Kedatangan Wali Kota ini juga kian menyalakan semangat peserta untuk tetap menunjukkan prestasi terbaik pada ajang MTQ tahun ini. 

Pelaksanaan MTQ tahun ini digelar di dua lokasi yakni Asrama Haji Medan dan Al-Azhar Medan. Di Asrama Haji sendiri, pelaksanaan setiap cabang lomba dilakukan di ruangan-ruangan yang berbeda, di antaranya aula Bir Ali, Jeddah, Hijir Ismail, Quba, serta Khandak. Masyarakat dapat menyaksikan jalannya perhelatan MTQ tahun ini melalui live streaming youtube MTQ ke 54 Tingkat Kota Medan Tahun 2021 dengan link https://youtu.be/1QQwnQ6b-GI.

Perhelatan tahun ini mengambil tema "Melalui MTQ ke-54 Kota Medan Tahun 2021  Kita Tingkatkan Pemahaman dan Pengamalan Nilai-nilai AlQuran untuk Menjalin Kerukunan Umat Beragama Menuju Masyarakat Kota Medan yang Berkah, Maju, dan Kondusif".

Jumlah peserta yang mengikuti MTQ tahun ini sebanyak 558 orang. Keseluruhnya merupakan para utusan dari seluruh kecamatan di Kota Medan. Para utusan ini merupakan pemenang dari MTQ Tingkat Kecamatan yang telah digelar di seluruh kecamatan beberapa waktu lalu. 

Perhelatan ini memperlombakan berbagai cabang, antara lain Seni Baca Alquran, Hafalan Alquran dan Tafsir Alquran, Fahmil Alquran, Syarhil Alqu'an, Seni Kaligrafi Alquran, Qira'at Murattal dan Tartilul Alquran, Karya Tulis Ilmiah Alquran, dan Musabaqah Hadist Nabi.(safrizal)