DPRD Medan Jadwalkan Banmus Untuk Penetapan Paripurna Pelantikan Bobby-Aulia

Jumat, 19 Februari 2021

  


Medan | Bandar Meriah  News  - Menindaklanjuti keputusan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Medan yang menetapkan Muhammad Bobby Afif Nasution – Aulia Rachman sebagai Wali Kota dan Wakil Wali Kota Medan terpilih pada Pilkada Medan 2020 pada rapat pleno di Hotel Santika Dyandra Medan, Kamis lalu (19/02/2021), DPRD Medan telah menjadwalkan rapat Badan Musyawarah (Banmus) di hari Senin (22/02/2021) untuk menetapkan jadwal rapat paripurna pengusulan pelantikan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Medan terpilih, pada hari Selasa (23/02/2021).

“Rencananya Senin (22/02/2021) pagi kita akan rapat pimpinan dulu, lalu siangnya kita lanjutkan dengan rapat Badan Musyawarah untuk mengagendakan rapat paripurna pada besoknya, di hari Selasa (23/02/2021) pagi,” ucap Wakil Ketua DPRD Kota Medan, HT Bahrumsyah SH MH, Jumat (19/02/2021).

Dikatakan Bahrumsyah, nantinya hasil rapat paripurna pengusulan pelantikan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Medan akan disampaikan kepada Menteri Dalam Negeri (Mendagri) melalui Gubernur Sumatera Utara.

“Kebijakan administrasi pengusulan ini, kita yakini akan terkejar bila mengacu pada jadwal pelantikan yang direncakan akan dilakukan pada 26 Februari 2021. Karena pelantikan itu kan tinggal teknis saja yang sudah dijadwalkan oleh Kemendagri,” ujarnya.

Terkait lokasi pelantikan, Bahrumsyah menyatakan, kemungkinan besar pelaksanaan akan dilakukan secara virtual di kantor Gubernur Sumatera Utara bersama dengan kepala daerah terpilih lainnya pada Pilkada serentak 2020 di Sumut. “Rasanya tidak mungkin di Jakarta, karena ada 100 lebih yang mau dilantik dan itu jumlah yang banyak ditengah pandemi covid 19 ini,” jawabnya.

Hal senada dikatakan Wakil Ketua DPRD Kota Medan, Ihwan Ritonga. Menurutnya, rapat paripurna DPRD Kota Medan dengan agenda pengusulan pelantikan Wali Kota dan Wakil Wali Kota terpilih segera dilakukan sebagai syarat administrasi pelantikan oleh Kemendagri.

“Kita upayakan 26 Februari 2020 ini bisa ikut pelantikan. Senin kita Banmuskan, Selasanya rencananya langsung kita Paripurna kan. Tergantung dari hasil Banmus di hari Senin lah,” tuturnya.(fit)